SIMBOL BERSIHKAN BATIN: Dua bhikku saat membersihkan patung Budha di halaman  Vihara Mahavira Graha Semarang Jalan Marina Raya Semarang, kemarin. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SIMBOL BERSIHKAN BATIN: Dua bhikku saat membersihkan patung Budha di halaman  Vihara Mahavira Graha Semarang Jalan Marina Raya Semarang, kemarin. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Menjelang perayaan Tri Suci Waisak 2562 BE/2018, sejumlah bhikku membersihkan patung Budha di halaman Vihara Mahavira Graha Semarang di bilangan Jalan Marina Raya Semarang, Senin (28/5) kemarin. Dengan membawa alat seadanya berupa kain lap, mereka membersihkan rupang tersebut dengan diawali pembacaan paritta

Bhikku Maitri Virya menjelaskan, pembersihan rupang Budha sebelum Hari Waisak menjadi sebuah simbolisasi bahwa batin ini juga harus bersih. “Selain membersihkan rupang, juga ada yang mengikuti program pelatihan meditasi dan program sebulan penghayatan Dhamma. Program positif ini menjadi salah satu cara untuk melatih diri dalam meningkatkan kualitas batin,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Selain itu, lanjut dia, dengan mengikuti ritual ini bisa menghapus kebencian, kerakusan dan kotornya hati. Berbagai persiapan lain, juga dilakukan. Karena pada Hari Raya Waisak, ribuan umat Budha dari berbagai kota akan datang.

“Dengan menggunakan air wangi sebagai media menyucikan patung Budha. Ini merupakan ritual penting dan paling ditunggu oleh bhikku, untuk menyucikan diri dari dosa-dosa yang pernah diperbuat,” ujarnya.

Berdasarkan sejarah, imbuhnya, ritual memandikan patung Budha dilakukan oleh seluruh umat Budha di penjuru dunia. “Biasanya sebelum merayakan hari Raya Waisak ditandai dengan membersihkan patung Budha terlebih dahulu,” katanya.

Puncak peringatan Trisuci Waisak 2562/2018 hari ini dilakukan upacara penurunan relik dan dilanjutkan dengan puja relik Hyang Budha, Arahat Mongallyana dan arahan Sapiputra serta kebaktian Waisak dan penyalaan Pelita Waisak.  “Setelah membersihkan patung Budha, esok harinya (hari ini, Red) akan dilakukan upacara keagamaan memperingati Hari Waisak,” ujarnya.(hid/aro)