Penuhi Kebutuhan Air Putih Jaga Kulit Tetap Segar

153
Foto-foto Nur Chamim/Jawa Pos Radar Semarang
Foto-foto Nur Chamim/Jawa Pos Radar Semarang

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Saat menjalani ibadah puasa, tubuh kita tentu mengalami kekurangan cairan. Efeknya bukan hanya rasa haus, namun kulit kita pun bisa terjadi dehidrasi, yang berdampak kusam dan kering pada wajah. Untuk membuat wajah tetap segar selama puasa, beberapa hal harus diperhatikan.

Konsultan Medis Perawatan Kulit Natasha, Dr Sunarto menegaskan, hal yang paling utama diperhatikan untuk menjaga kulit terlihat segar selama berpuasa adalah konsumsi air putih yang cukup. Setidaknya mengonsumsi dua liter air dalam sehari.

“Itu tujuannya untuk menjaga stabilitas membran sel di kulit kita, itu wajib. Nah minumnya juga bertahap. Tidak  langsung dua liter saat sahur,” terangnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Jumat (25/5).

Tubuh saat puasa akan kehilangan banyak cairan. Hal itu akan menimbulkan efek kisut pada kulit. Sehingga membuat kulit tidak segar dan tidak kenyal serta tidak enak untuk dipandang alias layu.

Pola konsumsi air putih agar dapat memenuhi dua liter per hari adalah dengan membaginya saat sahur, buka puasa dan di waktu antara buka puasa dan sahur. Sunarto menganjurkan, saat sahur dan berbuka puasa, kita harus mengonsumsi sedikitnya dua gelas berukuran 350 mili liter.

“Nah setelahnya, kira-kira sebelum salat Isya atau sesudah salat Isya sampai waktu sahur kita konsumsi 3 gelas untuk memenuhi 2 liter air bagi tubuh kita,” terangnya.

Lalu bagaimana jika saat berbuka kita tidak meminum air putih melainkan teh, sirup atau minuman manis lainnya? Menurutnya hal tersebut diperbolehkan. Asal, tetap bertanggung jawab dengan konsumsi air putih jika ingin tetap terlihat segar.

“Misalkan memang maunya teh atau sirup itu tidak masalah. Selain itu, serat dan nutrisi juga harus diperhatikan,” katanya.

Untuk memenuhi serat, harus menyisipkan sayuran paling sedikit sepertiga dari porsi makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. Akan lebih baik kalau jumlahnya diperbanyak. Pasalnya, makanan berserat akan lebih lama proses pencernaannya dan akan memberikan efek kenyang lebih lama.

“Efek lain, sangat bagus untuk perlindungan antioksidan kulit. Jadi akan membuat kulit lebih kenyal dan segar. Dipandang juga enak,” katanya.

Menurut Sunarto, air putih, serat dan nutrisi, merupakan tiga hal penting yang harus diperhatikan oleh seseorang jika ingin kondisi kulitnya saat puasa tetap segar dan terlihat kenyal. Terutama konsumsi sayur dan buah saat berbuka puasa.

“Itu akan mempengaruhi metabolisme tubuh juga jadi bagus,” tandasnya. (tsa/zal)