Mengatasi Kejenuhan Pasangan

170

­Tanya dr Andi:

Dok, saya sudah menikah 13 tahun, sekarang ini sudah sering mengalami rasa jenuh saat hubungan dengan suami. Bagaimana cara mengatasinya dok? Terimakasih.

A di Smg.

Jawab dr Andi:

Kejenuhan atau kebosanan sebetulnya harus dihindari sejak awal. Penyebab dari kejenuhan terhadap hubungan suami istri bisa disebabkan karena:

  1. Aktivitas bersama yang tidak ada variasinya. Jadi selalu dari itu ke itu saja. Usahakan ada kreativitas dalam segala hal. Cari waktu dan suasana yang bisa membuat anda berdua dalam keadaan bersemangat.
  2. Kurang perhatian akan hal-hal kecil tapi disukai pasangan. Misalnya apa parfum yang disukai pasangan, bagaimana cara bercinta yang tidak membosankan dan lainnya.
  3. Kurang ada rasa humor. Rasa humor bisa ditimbulkan dengan menerima pasangan apa adanya, dan bisa menertawakan diri sendiri, tidak mudah tersinggung bila ada ucapan yang menggoda dari pasangan.
  4. Komunikasi yang tidak efektif dan kaku. Biasanya suami cenderung berkata hal-hal yang serius dan kurang mendengarkan istri, dianggap omongan istri itu terlalu mendetail dan membahas hal-hal yang remeh temeh saja.
  5. Berduaan hanya saat aktivitas seksual saja. Jadi pasangan itu cenderung menganggap bahwa hubungan antar suami istri itu selalu identik dengan aktivitas seksual. Jadi kurang unsur kemesraan secara non seksual. Ini perlu dibangun juga bahwa tidak semua kemesraan itu harus diakhiri dengan hubungan intim, sehingga kedua pihak lebih menghargai rasa kasih sayang diantara keduanya.

Untuk mengurangi kejenuhan perlu diupayakan hal sebagai berikut:

  1. Menyadari perlunya variasi dalam bercinta. Mengubah waktu dan timing bercinta bisa sangat berpengaruh bagi kepuasan kedua pihak. Jangan berkutat dengan kebiasaan saja.
  2. Pergi ke tempat tempat yang membangkitkan kenangan manis bagi anda berdua. walaupun sederhana, tapi kenangan manis itu meningkatkan gairah bagi anda berdua.
  3. Kadang anda perlu beraktivitas sendiri juga, atau bersama teman-teman anda sendiri. Tidak harus selalu berdua. Ini mengurangi kejenuhan dan membuat aksentuasi bagi kehidupan seksual anda.
  4. Menikmati apa yang anda hadapi saat ini. Artinya apa? Ini adalah soal menghayati tiap apa yang anda lihat, anda dengar. Amati dan ambil hal yang menarik dan menyenangkan dari apa yang dialami. Penerapannya dalam hubungan intim adalah: menikmati tiap prosesnya. Menghayati dan meresapi tiap sentuhan dari pasangan. mungkin ini perlu dipraktekkan, barulah bisa dipahami.
  5. Sudah lama tidak pernah kangen? Coba bayangkan bila anda kangen dengan pasangan. itu bisa menghapus kejenuhan yang ada. Silakan diterapkan dalam kehidupan sehari hari. (*/zal)