Dimensi Lebih Besar dan Lapang

All New Ertiga

162

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Sejak kali pertama diperkanalkan dan mengaspal di jalanan pada 2012 lalu, pabrikan mobil asal Jepang Suzuki kini mengeluarkan varian terbaru dari Ertiga, yakni All New Ertiga. Mobil kelas MVP ini hadir dengan berbagai perubahan yang mencolok, diantaranya mesin dan dimensi yang berbeda dari Ertiga lama.

General Manager PT Sejahtera Sunindo Trada, Jalan Pemuda Semarang, Joko Setiono, mengatakan jika All New Ertiga memiliki perubahan signifikan dari pendahulunya. Pada bagian eksterior misalnya, mobil ini memiliki dimensi yang lebih panjang 130 mm, lebar 40 mm, tinggi 5 mm dibandingkan versi lamanya. “Tentu di dalam kabin lebih lapang dan besar dibandingkan generasi sebelumnya,” terang Joko Setiono.

Selain dimensi yang lebih besar dan lapang, tampilan All New Ertiga punya desain yang lebih lebar dengan grill depan yang lebih tinggi dan lebar. Garis bahu yang dinamis, lekukan lebih dalam, sehingga lebih aerodinamis dan stabil saat melaju. “Ditambah adanya teknologi HEARTECT, disematkkan untuk kestabilan berkendara dan meredam getaran,” ujarnya.

Beralih ke sisi pengereman, All New Ertiga memiliki dua dua tipe rem, yaitu Ventilated Disc yang terpasang di bagian depan dan rem Leading/Training Drum pada sektor belakang. Menariknya, sektor pengereman pada mobil ini sudah dilengkapi dengan teknologi ABS dan EBD yang akan membuat sistem pengereman menjadi lebih sempurna.

“Mobil ini juga dilengkapi Electronic Stability Program (ESP) sebagai teknologi yang memadukan pengereman optimal dan kestabilan saat melaju di jalan licin, berbelok, dan mencegah over-steer serta under-steel,”jelasnya.

Di bagian interior, All New Ertiga dilengkapi desain dashboard bermodel ornamen kayu. Desain flat bottom steering wheel baru yang dilapisi aksen kulit menghadirkan kesan lebih modern, stylish sekaligus elegan. Selain itu, pada dashboard terbaru dari model Suzuki Ertiga ini sudah mengadopsi start/stop engine untuk menyalakan dan mematikan mesin. Kemudian menempel pula pada bagian dashboard berupa sebuah head unit layar sentuh, yang bisa terkoneksi dengan smartphone.

Beralih ke segi mesin, All New Ertiga menggendong mesin baru berkode K15B dengan teknologi DOHC VVT berkapasitas 1.5 liter (1.462 cc) empat silinder. Mesin ini kemudian dipasangkan dengan pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan CVT.

“Konsumsi sistem bahan bakarnya sendiri masih menggunakan teknologi MPI (Multi Point Injection) yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi semakin irit dan efisien,”paparnya.

All New Ertiga hadir dengan dua pilihan warna baru yaitu Glorious Brown Pearl Metallic dan Magma Grey Metallic, yang melengkapi lima warna versi sebelumnya antara lain Snow White Pearl, Radiant Red Pearl, Silky Silver Metallic, Burgundy Red Pearl dan Cool Black Pearl Metallic. (den/zal)

Silakan beri komentar.