Anggota Polres Kendal Dirazia 

207
DIPERIKSA: Polres Kendal melaksanakan operasi Gaktibplin kepada seluruh anggota Polres setempat yang dipimpin Kapolres Adiwijaya. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DIPERIKSA: Polres Kendal melaksanakan operasi Gaktibplin kepada seluruh anggota Polres setempat yang dipimpin Kapolres Adiwijaya. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KENDAL – Polres Kendal menggelar Penegakan Keteriban dan Disiplin (Gaktibplin) bagi polisi anggota Polres Kendal. Gaktiblin ini dilakukan untuk melihat sejauh mana keteriban dan kedisiplinan anggota Polres Kendal dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Operasi Gaktibplin sendiri dilakukan secara inspeksi mendadak atau sidak. Pemeriksaan ini dilakukan pada semua anggota, baik perwira, brigadir maupun aparatur sipil negara (ASN) yang ada di Polres  Kendal. “Operasi ini untuk meminimalisir adanya anggota Polri yang kurang  tertib dan tidak disiplin,” Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya, kemarin.

Diakuinya, menjelang Pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2018 pada lebaran nanti, butuh pengamanan arus mudik dan arus balik lebaran. Makanya dibutuhkan anggota yang tertib dan disiplin dalam menjalankan tugas. Sebab jika tidak maka dipastikan arus mudik bisa kacau.

Adiwijaya menjelaskan, Gaktibplin sendiri dilakukan meliputi sikap. Mulai dari sopan santun dan prilakunya. Selain itu fisik mulai dari kebersihan, rambut, wajah, jambang, seragam dan perlengkapan dinas lainnya.

Selain itu juga diperiksa kelengkapan surat-surat perorangan seperti Kartu Tanda Anggota (KTA) Polisi, KTP, dan juga SIM serta STNK yang dimiliki anggota. Sedangkan bagi anggota yang memegang inventaris senjata api juga dilakukan pemeriksaan tersendiri.

Operasi Gaktiblin terhadap anggota secara rutin dilakukan untuk mendukung program prioritas Kapolri yakni Profesional, Modern dan Terpercaya (Promote ) khususnya program peningkatan profesionalisme. “Semua berjalan baik, dan tidak ada anggota yang ditemukan membandel. Semua tertib dan disiplin,” akunya.

Kapolres menegaskan bahwa menjadi anggota Polri harus memiliki sikap disiplin dan menjunjung tinggi loyalitas. Semua anggota harus solid dan bersama-sama serta bekerjasama. “Semua harus saling menghargai dan menghormati, antara bawahan dan pimpinan bukan karena ada tekanan,” tegas Kapolres.

Dalam Gaktiblin yang dilakukan pagi ini tidak ditemukan adanya pelanggaran yang prinsip dari anggota. Namun ditemukan beberapa pelanggaran seperti seperti sikap tampang yang kurang rapi. “Bagi anggota yang tidak sesuai akan diberikan tindakan disiplin dan harus membenahi kekurangannya”, tambah Kapolres. (bud/bas)