SIDAK PETASAN: Personel Sat Binmas melaksanakan pemeriksaan terhadap penjual petasan di Pasar Kajen, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SIDAK PETASAN: Personel Sat Binmas melaksanakan pemeriksaan terhadap penjual petasan di Pasar Kajen, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sat Binmas Polres Pekalongan yang dipimpin oleh kanit Bintibmas Aiptu Sujarwo beserta anggota, Kamis (24/5) kemarin, melaksanakan kegiatan operasi terhadap penjual petasan di pasar Kajen Kabupaten Pekalongan.

Dalam kegiatan ini, personel Sat Binmas melaksanakan pemeriksaan terhadap penjual petasan yang di sinyalir, menjual ataupun menyimpan petasan yang mempunyai daya ledak tinggi, dengan ukuran diameter lebih dari 1.

Sidak dilakukan mulai dari pedagang petasan yang ada di Jalan Mandurerejo hingga Pasar Kajen. Namun setelah dilakasanakan pemeriksaan, personel Sat Binmas Polres Pekalongan tidak mendapati petasan tersebut.

Mereka hanya menemukan sebagian besar jenis kembang api.“Sebagian besar pedagang petasan hanya menjual kembang api, tidak ada petasan berdaya ledak tinggi dari jenis apa pun,” ungkap Aiptu Sujarwo.

Aiptu Suharwo juga mengatakan bahwa dalam kesempatan kemarin, pihaknya juga menghimbau kepada penjual petasan supaya tidak menjual atau menyimpan petasan yang mempunyai daya ledak tinggi.

Sementara itu, AKP Guntur Tri Harjani, Kasat Binmas Polres Pekalongan menegaskan, bahwa dengan adanya kegiatan sidak terhadap penjual petasan, diharapkan dapat menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, di wilayah Kabupaten Pekalongan selama bulan Ramadhan. (thd/bas)