Oleh : Linda Koes Puji Astuti
Oleh : Linda Koes Puji Astuti

RADARSEMARANG.COM – Pada saat ini bangsa Indonesia telah melaksanakan program pendidikan karakter di setiap jenjang pendidikan baik di jenjang pendidikan SD, SLTP, SLTA dan Perguruan Tinggi. Sebenarnya perlukah pendidikan karakter di usia dini ?

Dengan melihat kedudukan budi pekerti dan karakter dalam perjalanan setiap dari manusia sangat penting sekali. Bahkan pembentukan karakter sejak dini sangat perlu dan penting diberikan kepada anak – anak usia dini, karena akan sangat menentukan bagaimana seseorang dalam menjalani hidupnya. Coba kita amati dan cermati siapapun dia, apapun profesinya, berapapun usianya, pasti ketika memiliki karakter positif tentu akan berbuat atau berprilaku lebih baik daripada yang tidak memiliki karakter. Oleh karena itu kita semua harus melakukan penanaman karakter positif. Hal ini sangat penting dan perlu diberikan sejak usia dini agar bisa dijadikan modal mereka dalam mengarungi dan menjalankan perjalanan hidup yang sangat berat dan panjang. Manusia yang memiliki karakter positif akan dapat digunakan dalam berbagai profesi, baik seorang presiden, pejabat, pendidik, pembisnis ataupun profesi yang lainnya. Pasti kita sebagai manusia akan merasakan kemudahan dalam menjalankan kehidupan sehari – hari dengan adanya karakter positif tersebut.

Pendidikan karakter positif dapat menunjang kesuksesan kehidupan setiap manusia. Banyak sekali kita jumpai masalah – masalah yang terjadi di sekitar kita yang disebabkan karena kurangnya atau bahkan tidak adanya pendidikan karakter positif di dalam diri manusia. Salah satu penyebab kehancuran suatu bangsa adalah tidak adanya kepedulian antara penduduk dengan bangsanya ataupun sebaliknya antara bangsa dan penduduknya. Maka diperlukan suatu penamanan dan pendidikan karakter positif di setiap diri penduduk suatu bangsa. Contoh banyak sekali kita jumpai di sekitar lingkungan kehidupan kita, antara lain pendidikan mengaji yang diberikan kepada anak usia dini, pendidikan tata cara dan etika yang positif yang diberikan anak usia dini akan menciptakan karakter anak yang mempunyai tingkah laku dan etika yang sopan dan santun. Masih banyak lagi contoh – contoh pendidikan karakter usia dini yang ada di sekitar lingkungan kita.

Pendidikan karakter dan penanaman karakter positif yang diberikan sejak usia dini pada anak – anak bangsa Indonesia juga dapat menjadikan bangsa Indonesia lebih maju dan berkualitas. Dengan kualitas yang dimiliki anak – anak bangsa Indonesia yang baik akan dapat meningkatkan segala bentuk kegiatan dari bangsa Indonesia, maka akan memberikan hasil yang terbaik untuk bangsa. Sehingga bangsa Indonesia pasti akan dapat menghadapi segala persaingan dunia yang begitu ketat dan kuat dengan percaya diri dan berani bersaing dengan bangsa – bangsa lain yang ada di dunia. Di masa sekarang begitu banyak sekali masalah yang dihadapi bangsa Indonesia, maka sangat diperlukan penanaman karakter – karakter yang baik dan positif bagi seluruh penduduk bangsa Indonesia. Karakter yang kuat, berani dan tidak mudah menyerah ini akan sangat membantu siapapun dalam menjalankan kehidupan manusia. Banyak manusia Indonesia yang tidak memiliki karakter positif sehingga akan berpengaruh terhadap keadaan dimanapun mereka berada akan selalu menimbulkan masalah dan bukan menjadi solusi sebuah masalah. Dari contoh pendidikan karakter dan penanaman karakter ini dapat memberikan penguatan tentang pengertian pentingnya pendidikan karakter di usia dini. Hal ini dapat memberikan pengertian, pandangan dan penjelasan serta gambaran apa yang akan diberikan untuk anak – anak usia dini tentang pendidikan karakter yang posif dan berkualitas baik. Dengan harapan generasi muda bangsa Indonesia memiliki karakter yan positif dan berkualitas terbaik, sehingga akan memberikan hasil generasi muda bangsa Indonesia yang berkualitas terbaik.

Marilah kita semua sebagai penduduk bangsa Indonesia bersama – sama membangun generasi muda bangsa Indonesia untuk selalu memberikan pendidikan karakter positif sejak anak usia dini, sehingga dapat melahirkan generasi – generasi penerus bangsa yang berbudi luhur dan berkarakter positif. Kemajuan, kesuksesan dan kualitas  bangsa Indonesia terletak di tangan kita semua dan juga menjadi tangggung jawab semua penduduk bangsa Indonesia. (tj3/2/zal)

Guru SMA Negeri 2 Semarang