TRALING : Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, memberikan bantuan dan santunan pada warga Desa Kalimade, Kesesi, kemarin malam. (Taufik Hidayat/Jawa Pos Radar Semarang)
TRALING : Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, memberikan bantuan dan santunan pada warga Desa Kalimade, Kesesi, kemarin malam. (Taufik Hidayat/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Selama bulan Ramadan, Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, melakukan tarawih kelililing (tarling) ke beberapa desa terpencil. Selasa (22/5) kemarin giliran tarling di Desa Kalimade, Kecamatan Kesesi, di Masjid Nurul Iman.

Pada kesempatan itu, bupati memberikan santunan kematian, kepada 4 orang ahli waris warga Desa Kalimade yang meninggal dunia, masing-masing sebesar Rp 1 juta, bantuan sosial kepada 10 anak yatim, serta pemberian Kartu Kajen Cerdas kepada beberapa anak sekolah. Disamping itu juga diberikan beasiswa kepada 5 orang mahasiswa, masing-masing sebesar Rp 5 juta.

“Kartu Kajen Cerdas ini adalah beasiswa terbatas yang diberikan kepada anak-anak SD, SMP dan SMA serta Perguruan Tinggi,”  ungkap Asip.

Bupati Asip juga menyampaikan kepada warga Desa Kalimade, untuk menjaga kehidupan keagamaan kampung Kalimade yang sudah kuat ini, untuk dipertahankan terus sampai hari kiamat.

“Mari kita perkuat persatuan dan kesatuan Desa Kalimade, supaya selaras dengan nilai-nilai Islam dan nilai-nilai yang diajarkan oleh Rosulullah. Tolong dijaga yang sudah berlaku di sini, yang sudah baik tolong dipertahankan dan yang kurang baik diperbaiki,” tegas bupati.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun menyambut baik kegiatan tarling tersebut, karena menurutnya kegiatan tarling ini menunjukkan kebersamaan antara ulama dan umaro’ bersama warganya.

“Semoga dengan ini dapat meningkatkan taqwa kita terhadap Allah SWT,” kata Hindun. (thd/zal)