Penyandang Disabilitas Ikut Lipat Surat Suara

264
LOGISTIK PILGUB : Penyandang disabilitas yang ikut dilibatkan dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pilgub Jateng di KPU Kabupaten Semarang. (DOK KPU KABUPATEN SEMARANG)
LOGISTIK PILGUB : Penyandang disabilitas yang ikut dilibatkan dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pilgub Jateng di KPU Kabupaten Semarang. (DOK KPU KABUPATEN SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Penyandang disabilitas ikut dilibatkan dalam mengurusi logistik surat suara di Kabupaten Semarang. Khususnya dalam hal penyortiran surat suara yang digunakan untuk pelaksanaan Pilgub Jateng 2018.

Ketua KPU Kabupaten Semarang, Guntur Suhawan mengatakan, sedikitnya ada lima penyandang disabilitas yang dilibatkan dalam penyortiran surat suara di gudang KPU tersebut. “Ini sebagai bentuk tidak adanya diskriminasi terhadap sesama,” ujar Guntur, Selasa (22/5).

Dikatakan Guntur, pelibatan penyandang disabilitas merupakan upaya KPU Kabupaten Semarang juga untuk mendongkrak tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada Jawa Tengah. Selain sosialisasi melalui pertemuan dengan para penyandang disabilitas, pelibatan mereka dalam proses sortir dan lipat ini secara tidak langsung memberikan pendidikan politik. Khususnya hak pilih yang sama bagi seluruh warga negara. “Karena haknya sama, antara orang biasa sama teman-teman disabilitas,” katanya.

Dikatakan Guntur, sebanyak 55 tenaga dikerahkan untuk menyortir dan melipat surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah. Penyortiran sudah dilakukan sejak Senin (21/5) siang. Bertempat di gedung Satya Bhakti Praja, Ungaran yang digunakan sebagai gudang KPU, mereka memilah dan melipat suara hingga Kamis (24/5) mendatang.

Salah satu penyandang disabilitas yang ikut dilibatkan dalam penyortiran, Ridwan, 28, mengaku senang dengan hal tersebut. Ia baru pertama kali mengikuti proses penyortiran dan pelipatan surat suara di KPU Kabupaten Semarang. “Ya semangat untuk mendukung Pilgub, tidak ada yang ketinggalan, semua semoga bisa tercapai dan bisa mencoblos semuanya,” ujar Ridwan. (ewb)