Oleh: Rohadi SPd
Oleh: Rohadi SPd

RADARSEMARANG.COM – SETIAP guru Bahasa Inggris pasti mengalami masalah seperti ini: bagamana caranya agar siswa bisa mudah mengerti pelajaran Bahasa Inggris? Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah  gunakan  metode yang menarik dalam memberikan materi Bahasa Inggris  supaya bisa diterima siswa dengan baik dan ada respon positif dari siswa. Mengajar Bahasa Inggris bukanlah sekadar menyampaikan materi selesai, dan yang penting materi yang sudah disampaikan beres tanpa memperhatikan psikologis siswa didik kita.

Bukankah kita sebagai seorang guru menginginkan siswa didiknya merasa enjoy, merasa senang terhadap materi yang di sampaikan dengan metode yang tepat? Jika siswa sudah merasa nyaman dan senang dengan cara kita mengajar, tentu materi yang kita sampaikan kepada siswa akan cepat diterima siswa.

Di awal pelajaran, biasakan guru memberi salam kepada siswa dalam Bahasa Inggris kemudian berlanjut dialog greeting. Siswa menjadi terbiasa dan hafal juga pengucapan yang benar. Di kelas guru menggunakan ungkapan-ungkapan dalam Bahasa Inggris. Misalnya, “Who is absent today?”, “What date is it today?” “Why is he sick?” “Clean the blackboard!” dan sebagainya. Sehingga siswa terbiasa mendengar ungkapan tadi dan mereka merespons dengan baik.

Sebelum memulai materi atau tema yang baru, sebaiknya kita  melakukan tanya jawab kepada siswa seputar tema itu meskipun dalam Bahasa Indonesia. Contohnya ketika kita mengajarkan tema tentang pekerjaan, maka kita akan menanyakan kepada siswa kita, mengapa orang itu harus bekerja? Sebutkan jenis pekerjaan yang kamu ketahui? Apa pekerjaan ayahmu? Dan sebagainya. Jadi, siswa akan ada gambaran mengenai bahasan materi yang akan dipelajari.

Pada saat kita melihat anak sudah mulai merasa jenuh atau bosan dalam belajar Bahasa Inggris, sebaiknya kita selingi dengan nyanyian Bahasa Inggris. Lagu bisa sesuai dengan tema maupun di luar tema. Setiap kali anak mulai terlihat bosan kita perlu  menyanyikan lagu happy. Contohnya “If you’re happy and you know it clap your hand”, anak merespons dengan tepuk tangan tiga kali dan seterusnya. Sekali lagi ini merupakan kreativitas guru  dalam mengelola kelas, dari suasana yang monoton dan bosan, serta ngantuk menjadi semangat dan antusias lagi.

Biasakan mengakhiri  pelajaran Bahasa Inggris dengan lagu atau nyanyian Bahasa Inggris     (English songs). Dengan cara ini siswa akan mengakhiri pelajaran Bahasa Inggris dengan hati yang senang. Ketika memulai pelajaran ada pembukaan salamnya, maka ketika mau menutup juga guru sebaiknya membiasakan diri dengan ungkapan salam perpisahan. Contohnya “Thanks for your attention.  Good bye students, see you next time”, para siswa juga akan merespons salam tadi.

Guru itu harus memiliki kreativitas. Guru itu harus pandai menerapkan metode yang tepat dalam mengajar. Mengajar dengan tanpa tujuan, mengajar dengan seadanya, mengajar dengan tidak memperhatikan kondisi psikologis siswa, mengajar yang penting asal mengajar menyampaikan materi selesai beres, tidak akan mendapatkan hasil yang kita harapkan. Terima kasih, semoga bermanfaat. (igi1/aro)

 Guru Mapel  Bahasa Inggris  SMP Negeri 10 Salatiga