KPU Pastikan Surat Suara Pilgub Jateng Utuh

110

Komisioner KPU Surakarta bidang logistik Suryo Baruno menjelaskan ratusan ribu surat suara tersebut dikemas dalam 206 dus.

“Tiap dusnya diisi 2.000 lembar. Pengirimannya bersama surat suara untuk Sragen dan Karanganyar,” jelasnya di kantor KPU Surakarta.

Untuk memastikan surat suara dalam kondisi baik, KPU Surakarta bakal melakukan penyortiran yang dibarengi dengan pelipatan. Kegiatan tersebut akan melibatkan sekitar 50 personel panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Selain itu, surat suara yang disimpan di kantor KPU akan dijaga selama 24 jam oleh pihak kepolisian dan personel panitia pengawas pemilu (Panwaslu).

Jika ditemukan surat suara yang rusak, KPU akan membuatkan berita acaranya. Termasuk bila telah selesai proses pelipatan.

“Ada surat suara cadangan sebanyak 2,5 persen dari total keseluruhan,” imbuhnya.

Setelah dilipat, surat suara akan dibendel dengan masing-masing bendel berisi 25 surat suara lalu dimasukkan ke kardus semula. Cara tersebut guna memudahkan penghitungan.

Sementara itu untuk bilik suara, KPU Surakarta akan menggunakan bilik yang telah tersedia. Rencananya, pengadaan bilik yang baru dilakukan pada pemilihan presiden (pilpres) 2019.

“Kalau ATK (alat tulis kantor, Red) kami lakukan pengadaan secara mandiri,” ucap Suryo.

Ketua KPU Surakarta Agus Sulistyo mengatakan, pada bulan ini merupakan tahadapn distribusi logistik. Sedangkan pada awal Juni menyusul pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

(rs/vit/fer/JPR)