Penumpang Argo Sindoro Naik 6 Persen

318

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Jumlah pengguna moda transportasi kereta api (KA) Semarang-Jakarta dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Salah satunya KA Argo Sindoro jurusan Semarang-Jakarta ataupun sebaliknya dari Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang, mengalami kenaikan jumlah penumpang sebesar 6 persen dari tahun lalu.

Manager Humas Daop 4 Semarang, Suprapto mengatakan KA Argo Sindoro merupakan KA kelas eksekutif dengan relasi atau jurusan Stasiun Semarang Tawang-Stasiun Gambir. Kehadirannya melengkapi layanan KA Semarang – Jakarta yang sebelumnya sudah beroperasi, yakni KA Argo Muria dan KA Menoreh.

“KA ini rangkaiannya menggunakan gerbong eksekutif, terdiri 8 gerbong penumpang, 1 gerbong kereta makan kelas eksekutif dan 1 gerbong kereta pembangkit listrik. Jadi daya kapasitas tempat duduk KA Argo Sindoro berjumlah 448 orang,” katanya.

Ia menjelaskan pada tahun 2016 lalu, jumlah penumpang yang menggunakan KA Argo Sindoro mencapai 100.882 penumpang setiap tahun. Angka tersebut mengalami peningkatan seiring tingginya minat masyarakat menggunakan transportasi KA menjadi 106.908 penumpang pada tahun 2017 atau naik sekitar 6.026 penumpang. “Dari data tersebut, kenaikan penumpang khusus KA Argo Sindoro mencapai 6 persen pada tahun 2017 lalu,” ucapnya.

Secara keseluruhan, lanjut Suprapto, animo masyarakat yang tinggi akan transportasi kereta api relasi Semarang-Jakarta ini, bisa terlihat dari statistik kenaikan jumlah penumpang dari tahun ke tahun terus menunjukan tren positif. Tercatat pada tahun 2016, jumlah penumpang relasi Semarang-Jakarta berjumlah total 674.021 orang. Lalu di tahun 2017 terjadi kenaikan sebesar 12 persen atau berjumlah 755.701 orang. “Dari beberapa KA yang ada, Argo Sindoro merupakan salah satu KA yang diminati masyarakat relasi Semarang-Jakarta dan sebaliknya,” bebernya.

Jadwal KA Argo Sindoro relasi Semarang Tawang – Gambir, dengan nomor perjalanan KA 11, berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 06.00 dan tiba di Stasiun Gambir pada pukul 12.00. Adapun stasiun perhentiannya di antaranya Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Cirebon, Stasiun Jatinegara dan Stasiun Gambir.

Sedangkan untuk KA Sindoro relasi Gambir-Semarang Tawang dengan nomor perjalanan KA 12, berangkat dari Stasiun Gambir pukul 16.15 dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pukul 22.15. Adapun stasiun perhentian di antaranya Stasiun Cirebon, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan dan Stasiun Semarang Tawang.  “Tahun ini adalah tahun ke-17 beroperasinya KA Argo Sindoro, sehingga Daop 4 Semarang membagikan 500 balon gratis kepada penumpang terutama anak kecil,” pungkasnya. (den/ida)

Silakan beri komentar.