Pengunjung Mal Diperiksa Ketat

327
WASPADA : Personel keamanan memeriksa isi tas pengunjung Artos Mall Magelang. (IST)
WASPADA : Personel keamanan memeriksa isi tas pengunjung Artos Mall Magelang. (IST)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Baru memasuki awal-awal Puasa, warga Magelang mulai mempersiapkan kebutuhan Hari Raya Idul Fitri. Beberapa pusat perbelanjaan sudah mulai dipadati. Salah satunya, Artos Mall Magelang.

“Sebetulnya kenaikan pengunjung terjadi seminggu sebelum Ramadan. Kenaikannya sekitar 30 persen dari hari biasa, atau sekitar 4.500 pada hari biasa, dan jelang Ramadan menjadi 6.500 pengunjung per hari, serta di akhir pekan ini mencapai 17.000 pengujung per hari,” kata Public Relation Artos Mall, Dian Indri Cahyani, Minggu (20/5).

Mengantisipasi lonjakan pengunjung, pihaknya meningkatkan keamanan mal. Mulai dari penguatan personeil internal hingga bekerjasama dengan aparat keamanan setempat. “Kami ingin memastikan, bahwa pengunjung bisa berbelanja dengan aman dan nyaman,” ujarnya.

General Manager Artos Mall, Otniel Hanung Krisnupathi mengatakan, dukungan personel dari Polsek Mertoyudan akan menambah keamanan area mal. Petugas akan intensif melakukan patroli. “Jika hari biasa patroli hanya tiga kali sehari, sekarang dua kali lipatnya,” tambahnya.

Hanung mengaku, peningkatan keamanan ini juga untuk mencegah adanya aksi kejahatan. Terlebih, dengan merebaknya isu terorisme. “Jadi kami memperketat pemeriksaan tas bagi seluruh pengunjung di setiap pintu masuk. Sedangkan untuk kendaraan, diperiksa menggunakan metal detector,” tandasnya.

Selain itu, melalui pengeras suara, pihaknya mengimbau kepada pengujung yang mengajak anak kecil untuk tetap mengawasi, agar tidak terlepas dari orang tuanya. Kemudian menjaga barang bawaan. Sebab, tidak menutup kemungkinan ada pelaku kejahatan seperti pencopet dan penjambret yang mengambil kesempatan di tengah keramaian.

“Sebaiknya, tidak menggunakan perhiasan yang mencolok, dan jangan meninggalkan barang berharga di sembarang tempat, termasuk di dalam kendaraan.” (put/ton)