Berbuka Kurma, Sebaiknya Jumlahnya Ganjil atau Genap?

142

Lantas apakah benar dianjurkan berbuka puasa makan kurma harus berjumlah ganjil? Seperti yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dan para sahabat.

”Mungkin dari hadits tersebut ada yang menyebutkan anjuran secara umum makan kurma dengan jumlah ganjil.  Namun Syeikh Ibnu Utsaimin ketika ditanya hal tersebut, khususnya apakah kurma saat berbuka harus ganjil, beliau menyatakan tidak ada anjurannya. Baik wajib atau sunah. Kecuali di pagi hari saat Idul Fitri, memang ada riwayat tentang Rasulullah makan kurma dalam jumlah ganjil,” jelas Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Hatta Syamsuddin kepada Jawa Pos Radar Solo.

Hatta menambahkan tidak ada ulama yang menyebutkan kewajiban makan kurma saat berbuka puasa. Namun hanya berupa anjuran berdasarkan kebiasaan Rasulullah SAW. Diriwayatkan HR Abu Daud, dari Anas bin Malik, ia berkata:

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam biasa berbuka puasa sebelum salat dengan ruthab (kurma basah). Jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air.

”Maka menjadi jelas, bahwa yang harus dilakukan saat berbuka adalah menyegerakan berbuka. Soal menunya apa, bisa mengikuti contoh Rasulullah SAW jika memungkinkan. Terpenting, beliau berbuka tidak dengan aneka menu yang wah dan mengenyangkan. Akhirnya kita jadi susah salat Tarawih,” sambung Hatta.

Kurma, lanjut Hatta memiliki manfaat dan khasiat yang istimewa. Hadits di atas disebutkan, secara khusus terkait kurma ajwah yaitu mencegah racun dan sihir. Uniknya, Ibnu Hajar Al-Atsqolani mengomentari hadits tersebut dengan menyatakan bahwa kurma madinah mempunyai khasiat semacam itu. Karena doa keberkahan dari Rasulullah SAW, bukan semata kandungan zat yang ada di dalamnya.

”Ada penelitian kesehatan yang banyak mengungkap aneka manfaat dan khasiat dalam buah kurma. Inilah hal yang menarik dan bisa menambah semangat kita dalam mengaplikasikan sunah Rasulullah SAW,” tandasnya.

(rs/aya/fer/JPR)

Silakan beri komentar.