Lindungi dari Sinar UV Sampai Minimalisir Dampak Kecelakaan

Manfaat Kaca Film Pada Mobil

1891
BANYAK PILIHAN : Reza Pramundita menunjukkan beberapa jenis kaca film.
BANYAK PILIHAN : Reza Pramundita menunjukkan beberapa jenis kaca film.

RADARASEMARANG.COM, SEMARANG – Kaca film mobil ternyata punya fungsi ganda bagi keselamatan berkendara. Diantaranya adalah menolak panas, melindungi dari sinar UV matahari, terhindar dari pantulan cahaya sampai fitur keselamatan ketika terjadi kecelakaan.

“Misal kalau terjadi kecelakaan, kaca tidak langsung pecah sehingga melukai penumpang atau sopir di dalam kabin. Itu salah satu fungsi kaca film,” kata Reza Pramundita ownwer bengkel spesialis variasi kaca film Reza Variasi di Jalan Pusponjolo Timur VII Nomer 2A Semarang.

Pria berkepala plontos ini menjelaskan, ada beberapa jenis kaca film yang ada di pasaran, diantaranya kaca film untuk fashion, organik, sampai kaca film dengan tingkat keamanan tinggi dan anti peluru. Pun dari segi merek, misalnya saja 3M, Master Piece, Maxpro, Spektrum dan masih banyak lagi.

“Namun yang paling banyak diminati pada dasarnya adalah kaca film berwarna hitam, sehingga kabin mobil adem dan tidak memantulkan cahaya, selain itu juga memperhatikan segi keamanan tentunya,” ucapnya.

Disinggung kaca film bawaan dari pabrikan untuk mobil baru, menurut Reza, tidak mempengaruhi minat masyarakat mengganti kaca film. Ada banyak alasan pelanggannya mengganti kaca film bawaan atau bundling dengan kaca film variasi. “Mungkin belum mencukupi, misalnya kurang gelap dan kurang adem, karena memang speknya standart jika bawaan dari dealer,” bebernya.

Idealnya, kaca film 80 persen untuk samping dan belakang, sementara bagian depan dengan tingkat kegelapan 40 persen. Kondisi tersebut demi keamanan dalam berkendara terutama di malam hari. Pihaknya mengklaim, beberapa merek kaca film dengan tingkat keamanan tinggi alias anti peluru misalnya 3M dan Spectrum di wilayah Semarang hanya ada di tokonya.

“Minatnya masih tinggi, apalagi saat puasa ini, selain untuk melawan panas di dalam mobil, ada juga yang mengganti film mobil untuk persiapan mudik. Setiap kaca film pun nggak ada perawatan khusus, asalkan nggak kena bahan kimia dipastikan awet,” ujarnya.

Kaca film anti peluru yang ia tawarkan, banyak diminati oleh kalangan pejabat hingga pengusaha. Adapun kelebihan dari kaca film itu, yakni anti pecah, anti pencurian, dan yang pasti tahan lama. “Bahkan sempat dites dengan ditembak. Hasilnya nggak tembus dan nggak pecah. Kalangan wanita sering pakai demi keamanan di jalan atau saat di parkir di tempat sepi untuk menghindari pencurian,” katanya.

Sebelum memasang atau membeli kaca film, Reza mengaku selalu melakukan komunikasi dan diskusi kepada calon pembeli. Tujuannya agar pelanggan juga mengetahui produk kaca film yang dipasang di kendaraannya. “Kalau segi harga mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 5 jutaan, tergantung merek dan jenis mobil,” pungkasnya. (den/zal)