Istri Sulit Puas?

253

Tanya dr Andi:

Dok bagaimana cara agar saya bisa mendapatkan kepuasan dalam hubungan suami istri? Selama ini saya banyak diam saja dan tidak menuntut dari suami. Dan  rasanya suami belum tahu caranya, padahal sudah menikah 12 tahun. Mohon dijelaskan dok. Terimakasih dr Andi.

Jn di Smg.

Jawab dr Andi:

Seksualitas suami istri memang perlu seni dan komunikasi. Istri yang selalu diam dan tidak banyak komentar, bisa berarti: 1) Dia merasa tabu untuk bicara apa yang dimaui, dianggap itu adalah sesuatu yang lancang. 2 Ada rasa malu, mengingat ini adalah area yang tidak usah dibicarakan, dianggap akan berlalu secara alami saja. 3) Istri merasa takut menyinggung perasaan suami, karena menyangkut kemampuan suami dalam hal seksual. 4) Merasa tidak perlu menuntut hal itu, karena itu adalah kewajiban istri dalam melayani suami. 5) Istri tidak biasa mengungkapkan keinginan dan isi hati, dan cenderung tertutup.

Untuk bisa tahu, suami bisa memulai ngobrol dan membuka keran komunikasi yang lebih intens dengan istri, langkah-langkahnya: 1) Sering duduk berdua, sehari 15-30 menit sambil membuka pembicaraan ringan tentang pekerjaan, anak, hal-hal ringan lainnya, jangan yang berat-berat atau serius dulu. 2) Waktu bicara jangan pegang gadget/ handphone, fokuskan pada pasangan saja. 3) Makan malam berdua, atau dengan anak-anak, ngobrol dan guyon, ngobrol dengan kegiatan-kegiatan dengan teman-teman kerja, kegiatan rumah tangga. 4) Sebelum melakukan hubungan intim, coba ajak untuk mencoba posisi baru atau baju baru, bila istri belum bersedia, jangan dipaksa. Biarkan ia memilih. 5) Sesudah berhubungan intim, cobalah untuk bicarakan apakah istri sudah merasa puas atau belum, apa yang ia inginkan untuk bisa puas dan apa sarannya untuk hubungan yang lebih baik. Bila belum mau jawab atau masih malu-malu atau terdiam seribu bahasa, ya sudah tidak apa-apa, lain kali bisa ditanyakan ulang dengan santai saja.

Biasanya yang istri sukai adalah:  1) Foreplay yang hangat, tidak cepat-cepat dan banyak sentuhan dan belaian ke seluruh tubuh. 2) Menyentuh bagian-bagian tubuh yang tidak bikin geli dulu, bisa dimulai dengan bagian rambut dan wajah, tangan, bahu. Baru setelah itu terserah anda. 3) Melakukan dengan tetap lembut, tidak kasar dan tetap memperhatikan reaksi istri, bila istri sudah merasa panas, barulah dilakukan penetrasi. 4) Setelah selesai, suami jangan langsung tidur tapi ngobrol sebentar dan peluk-peluk istri dulu. Bila langsung ditinggal tidur, seakan-akan cuma dianggap melayani suami saja. (*/ida)