Tabrakan Karambol, Dua Tewas Tergencet

1297
GRAFIS: IWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG
GRAFIS: IWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG

RADARSEMARANG.COM, SEMARANGKecelakaan karambol yang melibatkan dua truk dan satu mobil boks terjadi di Kawasan Industri Candi Jalan Gatot Subroto Blok 26 Semarang, Jumat (18/5). Akibatnya, seorang tewas seketika di lokasi kejadian, dan seorang lainnya meninggal dunia dalam perjalanan ke RS Permata Medika Ngaliyan, Semarang. Korban tewas diketahui bernama Kasiran, 51, pengemudi dump truk bernopol H 1964 DG, dan Sumanto, 53, sopir truk bernopol K 1932 AK yang  tewas di lokasi dengan luka pada bagian bibir, patah tangan dan kaki.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Semarang menyebutkan, kecelakaan ini bermula sekitar pukul 09.45, dump truk dengan nopol H 1964 DG bermuatan tanah yang dikemudikan Kasiran melaju dari arah barat atau blok 27 ke arah timur atau Pospol Kawasan Industri Candi (KIC).

Dugaan petugas, kondisi jalan yang menurun membuat Kasiran kurang waspada pandangan depan. Ia tidak dapat mengendalikan kendaraannya yang melaju kencang hingga menabrak mobil boks bernopol H 1342 MW yang berada tepat di depan truk Kasiran.

“Mobil boks terdorong ke depan, kemudian menghantam truk yang disopiri korban Sumanto, yang saat itu dalam kondisi terparkir menghadap ke timur,” jelas Kanit Laka Polrestabes Semarang, AKP Sugito.

“Pengemudi mobil boks nopol H 1342 MW luka pada kaki kiri patah dan luka terbuka telapak kaki kiri robek, saat ini dirawat di RS Permata Medika Semarang,” imbuh Sugito.

Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi mengatakan, pihaknya akan memanggil pihak perusahaan truk sebagai saksi untuk mengetahui apakah ada kelalaian dalam isi muatan.

“Dalam kecelakaan yang melibatkan kendaraan niaga pertama pasti saya akan mencari apakah ada kelebihan beban, nanti akan kami panggil dari perusahaan dan meminta Dishub untuk memeriksa beban kendaraan,” kata Ardi.

Satpam Artatama Asata Abadi, Agus Supriyadi, yang berada tak jauh dari lokasi kejadian mengatakan, sebelum kecelakaan terjadi, sempat mendengar bunyi klakson berulang dari dump truk yang disopiri Kasiran. Saat ia melongok lewat jendela, sudah terjadi tabrakan karambol.

“Saya lihat dari jendela sudah kejadian, Dyeerr! Jadi saat saya keluar, mobil boks sudah ngglempang, sopir yang ada di dalamnya masih selamat. Sedangkan sopir truk warna merah milik Garuda tewas tergencet saat sedang tidur di jok dekat kemudi. Dugaan saya, dump truk mengalami rem blong karena dari jauh sudah terdengar berkali-kali sopir membunyikan klakson,” jelasnya. (tsa/aro)