Sekolah Sahabat Keluarga

SMP Islam Terpadu PAPB Semarang

304

RADARSEMARANG.COM – MELALUI Program Sekolah Sahabat Keluarga, SMP Islam Terpadu PAPB yang beralamat di Jalan Panda Barat 44 Palebon Pedurungan, Semarang, meraih penghargaan Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2018 kategori Innovation of Character Education through School Program of Family Friends.” Sekolah di bawah Yayasan Amal PAPB ini dinilai sebagai sekolah yang sukses melaksanakan pendidikan karakter melalui program sekolah sahabat keluarga.

Kepala SMP IT PAPB, Drs H Ramelan SH MH, mengungkapkan, apresiasinya atas penghargaan tersebut . “Anugerah Jawa Pos Radar Semarang kemarin sungguh keren, mampu menghimpun dan mengondisikan tokoh-tokoh Jawa Tengah yang berkompeten, bersemangat menjadi yang terbaik. Jadi, ini sangat inspiratif sekali,” ungkapnya.

Ramelan menambahkan, terkait anugerah yang diterima, program sekolah sahabat keluarga SMP IT PAPB yang sudah dilaksanakan, antara lain dengan membentuk Paguyuban Orangtua dan Guru (POSG) sebagai wadah komunikasi guru, orangtua untuk menyelesaikan permasalahan anak dengan segera, baik masalah perkembangan anak, perilaku anak, dan yang tidak kalah penting orangtua dapat mengetahui gambaran lingkungan sekolah tentang belajar putra-putrinya.

“Selain itu, kami mengundang orangtua yang sukses di profesi kerjanya untuk dihadirkan di kelas inspirasi secara berkala usai upacara setiap Senin,” kata Ramelan kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ada juga forum diskusi dan dialog antara orangtua dan guru terkait keterlibatan peran pendidikan di kelas orangtua. Tujuannya, untuk menyambungkan keterlibatan lingkungan belajar agar aman, nyaman, dan menyenangkan. Dan yang terakhir, program sekolah sahabat keluarga adalah keterlibatan orangtua untuk menyelenggarakan pelepasan di akhir tahun pembelajaran.

“Jadi, penyelenggara pelepasan siswa kelas IX yang sudah berlangsung selama ini adalah orangtua siswa. Mereka yang memilih tempat, menentukan besaran biayanya, hingga konsep acara yang akan berlangsung. Inilah yang sudah dilakukan sebagai sekolah sahabat keluarga,” paparnya. (aro)