Lulusan Perguruan Tinggi Wajib Dibekali PIN

93

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenrisrek Dikti) pada tahun 2019 mendatang, mewajibkan seluruh perguruan tinggi (PT) membekali lulusannya dengan Penomoran Ijazah Nasaional (PIN). Hal tersebut dilakukan untuk minimalisasi adanya pemalsuan ijazah dan lainnya.

Koordinator Kopertis VI Jateng, Prof Dr DYP Sugiharto mengatakan jika program tersebut bersifat wajib pada tahun depan. Jika tidak, lulusan dari perguruan tinggi tidak akan menerima ijazah. “Melalui PIN ini, dapat iketahui akuntabilitas PTN maupun PTS,” katanya kemarin.

Selain itu, lanjut dia, dengan PIN lebih memudahkan para lulusan maupun pihak perguruan tinggi masing-masing. Para lulusan tak perlu melakukan legalisir  ijazah, karena telah terdaftar secara online di Kemenristek Dikti. PIN juga turut memudahkan pendataan dan analisis statistik jumlah lulusan perguruan tinggi di Indonesia, karena ada pangkalan data Sistem Verifikasi Ijazah Elektronik atau Online (SIVIL). “Saat ini sudah ada 23 PTS di Jateng yang sudah menerapkan PIN dari total 257 PTS. Tahun ini akan menyusul 161 PTS lagi,” ucapnya.

Diberlakukannya sistem PIN, lanjut dia, tidak ada dikotomi antara PTN dan PTS, karena aturan yang diterapkan sama. Bahkan di Jateng, PTS punya andil besar untuk mencerdaskan anak bangsa. Sebab, dari 266 PT yang ada di Jateng, tercatat 257 adalah PTS dan hanya 9 PTN. “Dari 257 PTS, yang sudah terakreditasi institusi dengan nilai A, sedangkan 49 mendapat nilai B, 29 PT terakreditasi institusi C dan lainnya sedang berproses,” bebernya.

Untuk prodi di semua PTS di Jateng, tercatat sebanyak 1.263. Dengan rincian, 81 prodi meraih nilai A, sebanyak 690 prodi (B), dan 282 prodi (C) sedangkan 210 prodi terakreditasi minimum (karena baru mendapat izin) dan 59 berproses. “Saat ini, PTS sudah memiliki kesadaran untuk meningkatkan mutu. Akreditasi mereka dinilai oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan LAM PKes atau Lembaga Akreditasi Mandiri,” paparnya. (den/ida)