Keluar dari Zona Nyaman, Mulailah Berwirausaha

Ferry Firmawan Ph.D

269

RADARSEMARANG.COM – Pengalaman bergelut di dunia organisasi, menumbuhkan karakter seorang pemimpin pada diri Ferry Firmawan Ph.D. Ayah tiga anak ini, tengah berusaha mengangkat potensi pinggiran wilayah Demak, Jawa Tengah, menjadi kawasan bernilai ekonomis melalui proyek Jateng Land industrial Park Sayung Demak.

DEMAK merupakan penyangga Ibu Kota Jawa Tengah dan dekat dengan akses pelabuhan laut. Itulah salah satu alasan kenapa harus di Demak. “Dan, ini merupakan salah satu keinginan saya agar bisa bermanfaat buat semua orang. Dengan adanya kawasan industri, tentu akan membuka lapangan pekerjaan baru,” kata Ferry Firmawan.

Sukses menjadi pengusaha, tidaklah diraih dengan mudah. Butuh perjuangan keras. Ferry memulainya dari nol, mengingat tak ada trah pengusaha. Keluarganya merupakan PNS. Karenanya, ketika Ferry memutuskan untuk menggeluti bisnis, ia sempat diragukan. “Semua saya jadikan motivasi dan Alhamdulillah jalannya lancar. Dan ternyata, untuk menjadi pengusaha, bisa diraih siapa saja,” ujarnya.

Anggota Komisi B DPRD Jateng ini bahkan sudah mengasah kemampuan berwirausaha sejak di bangku kuliah. Bersama sejumlah temannya, ia berdagang kertas kalkir. Ia juga pernah menggelutu bisnis warnet di sekitar RS Roemani. “Meski tidak semua bisnis lancar, tapi saya terus menekuni bisnis. Yang penting, bekerja keras dan terus berusaha.”

Berkat kerja kerasnya, sejumlah jabatan bergengsi pernah diemban Ferry, meski usianya relatif muda. Ia bahkan pernah dipercaya menjadi komisaris BUMN PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) Semarang dan hingga menjadi Ketua Komite Audit; Staf Ahli komisi VI DPR RI; anggota DPRD Jateng (2014-2019); Ketua Hipmi Jateng, serta berbagai jabatan penting lainnya. (fth/isk)