Hadirkan Dakon Raksasa Untuk Berbuka

1501
UNIK : Hotel Chanti Semarang mengusung program buka puasa unik yakni Dakonan. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
UNIK : Hotel Chanti Semarang mengusung program buka puasa unik yakni Dakonan. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Memanfaatkan momentun bulan suci Ramadan, Hotel Chanti Semarang menghadirkan konsep buka buasa yang tidak biasa. Yakni menghadirkan Buka Puasa Dakonan.

“Konsepnya hampir sama dengan permainan dakonan, namun bedanya lubang yang ada diisi makanan. Bentuk dakonannya pun lebih besar dari dakonan permainan,” kata Executive Chef Hotel Chanti, Anas Harsanto.

Anas menuturkan, media permainan dakon sengaja diangkat karena permainan tradisional khas Jawa yang punya nilai luhur. Salah satunya adalah saling memberi dan menerima antara pemain. Konsep itu mencoba diterapkan oleh pihak hotel sehingga tamu yang datang akan lebih akrab dan terjadi interaksi sosial. “Sehingga saat makan, pengunjung bisa saling berinteraksi satu sama lain mirip permainan dakon,” jelasnya.

General Secretary Hotel Chanti Semarang, Merquri menuturkan menu yang diangkat adalah menu tradisional, yakni nasi putih dan nasi merah yang ditempatkan di dalam lubang ujung dakon yang besar. Sementara delapan lubang kecil diisi berbagai lauk-pauk seperti koyor tahu, emping mlinjo, mi goreng dan lainnya. “Beragam menu disiapkan, bahkan lebih dari 100 menu berbeda akan dirotasi dalam setiap harinya, meliputi menu utama, dessert, minuman dan lainnya,” ucapnya.

Selain makanan tradisional Jawa, lanjut wanita yang akrab disapa Merry ini, pihak hotel juga melakukan live cooking dengan berbagai menu takjil atau makanan ringan khas untuk berbuka puasa. “Ada beberapa menu pelengkap lainnya, seperti bubur India, nasi goreng, tongseng, soto babat, martabak dan lain sebagainya,” bebernya. (den/ida)