Berkomitmen Wujudkan Kemandirian Ekonomi Desa

Drs H. Fathan Subchi

167

RADARSEMARANG.COM – Drs H. Fathan Subchi, anggota DPR RI dari Fraksi Kebangkitan Bangsa ini, tidak pernah berhenti berkomitmen untuk mewujudkan kemandirian ekonomi bagi warga desa. Salah satu upaya yang dilakukan Fathan adalah konsisten mendorong DPR agar pasar desa mendapat perhatian lebih dari pemerintah.

MENURUT wakil rakyat ini, dengan adanya pasar desa, maka warga dapat berwirausaha. Sebab, warga desa akan mampu mengembangkan potensi ekonominya untuk mandiri, terus berinovasi, dan produktif. Kondisi seperti ini akan membawa dampak positif bagi perekonomian negara. Fathan meyakini, perekonomian negara akan kuat bila ditopang warga desa yang mandiri dan berdikari dari segi ekonomi.

Fathan Subchi menilai, keberadaan pasar desa dapat menguatkan perekonomian di pedesaan. Karena itu, DPR selalu mendorong agar pasar desa mendapat perhatian lebih dari pemerintah. “Pasar desa seperti ini dapat menguatkan perekonomian rakyat, khususnya di pedesaan.”

Fathan pun menegaskan komitmennya dalam mewujudkan kemandirian ekonomi bagi warga desa. Fathan sangat berharap, pasar desa mampu meningkatkan pendapatan warga desa. Dengan demikian, warga desa semakin maju dan berdikari.

“Karena itu, warga desa akan mampu mengembangkan potensi ekonominya untuk mandiri, terus inovatif dan produktif. Kondisi seperti itu akan mampu membawa dampak bagi perekonomian negara.”

Fathan dikenal legislator yang responsif. Langkahnya begitu cepat, saat mendengar ada masalah di daerah pilihannya, dapil) II, meliputi Demak, Kudus dan Jepara. Ia bahkan tak jarang menunda kunjungan kerjanya ke daerah lain, jika ada aspirasi mendesak terkait ekonomi kerakyatan. Menurutnya, itu bukan soal sepele yang bisa ditunda.

“Persoalan ekonomi kerakyatan sudah menjadi fokus perjuangan kami di pusat (DPR RI),” ujar anggota Fraksi PKB DPR RI itu. Memenuhi tugasnya sebagai wakil rakyat, membuat Fathan harus sering turun ke bawah (turba) atau terjun ke dapilnya untuk mendengarkan aspirasi warga dan memberi solusi atas persoalan yang ada.

Berbagai program digagas dan diwujudkan untuk menyejahterakan ekonomi warga desa. Seperti, membangun pasar desa, sosialisasi program investasi pemerintah (PIP), dan mengadakan pelatihan ekonomi kreatif dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hingga pengadaan alat usaha untuk menunjang kreativitas warga. Tidak hanya itu, ia juga getol mempromosikan karya lokal kepada masyarakat luas melalui media sosial yang ia miliki.

“Pernah juga kita adakan pelatihan tukang bangunan dan pelatihan tata boga bersertifikat. Ada juga yang kita bantu modal untuk berternak lele dan kambing. Itu semua agar ekonomi warga sejahtera.” Setiap pelatihan, rata-rata diikuti 100-200 orang. Sedangkan untuk pengadaan alat atau hibah, biasanya diberikan kepada kelompok usaha yang ada di Kudus, Demak, dan Jepara.

Fathan juga kerap mengajak para pemuda agar mau berwirausaha dengan mengangkat produk lokal di daerahnya. Hasilnya, banyak warga menaruh simpati terhadap langkah Fathan. Selain karena kepribadiannya yang ramah, Fathan juga dikenal dermawan dan santun. “Kepada Pak Fathan, siapapun warga selalu respek. ia juga dikenal suka menyantuni yatim piatu juga,” ujar Mulyono, warga Sayung, Demak. (hib/isk)