Berdayakan Warga lewat Daur Ulang Sampah

Alfamart Semarang

155

RADARSEMARANG.COM – KEPEDULIAN Alfamart Semarang pada upaya mengurangi sampah keluarga patut diapresiasi. Dengan program corporate social responsibilty-nya, Alfamart intens memberdayakan kaum perempuan di Kota Semarang untuk mendaur ulang sampah rumah tangga menjadi barang kerajinan tangan yang bernilai ekonomis. Tujuannya, selain menyadarkan untuk peduli lingkungan, juga untuk memberdayakan warga, khususnya ibu rumah tangga, agar menjadi mandiri secara finansial.

Untuk mendukung program ini, Alfamart  pernah menggandeng Alfa Artha sebagai narasumber pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari daur ulang sampah. Kebetulan owner Laquina Creative Handmade Semarang ini memiliki skill mengolah barang bekas. “Di kota-kota lain, kami juga bekerjasama dengan Komunitas Bank Sampah,” kata Deputy Branch Manager Alfamart Semarang, Heru Supriyanto kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Atas kepeduliannya ini, Alfamart pun menjadi salah satu penerima Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2018 untuk kategori CSR Program for Women’s Empowerment in the Waste Recycling Process.

“Kami mewakili manajemen Alfamart di Semarang mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Jawa Pos Radar Semarang atas penghargaan yang telah diberikan terhadap Alfamart Semarang. Ke depan untuk program pemberdayaan masyarakat masih akan kami angkat sebagai program CSR unggulan Alfamart selain pelatihan pedagang,” ujarnya.

Corporate Communication Alfamart Cabang Semarang, Eko Mujiono, menambahkan, kegiatan pemberdayaan tersebut bertujuan untuk menumbuhkembangkan jiwa kemandirian dan kewirausahaan bagi masyarakat.

“Kami telah melatih dan bekerjasama dengan ibu-ibu PKK dan warga di sekitar toko Alfamart yang kami berdayakan untuk mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang bernilai ekonomis. Seperti kotak susu bekas menjadi dompet koin atau souvenir,” katanya. (aro)

Silakan beri komentar.