Konsumsi Ramadan, Pertamina Tambah Stok BBM

263
PASTIKAN STOK BBM : General Manager PT Pertamina MOR IV, Yanuar Budi Hartanto (tiga dari kanan) menyampaikan kesiapan terkait stok BBM selama Ramadan, mudik dan arus balik. (NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG)
PASTIKAN STOK BBM : General Manager PT Pertamina MOR IV, Yanuar Budi Hartanto (tiga dari kanan) menyampaikan kesiapan terkait stok BBM selama Ramadan, mudik dan arus balik. (NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV menambah stok BBM dan elpiji. Hal ini guna mengantisipasi lonjakan konsumsi selama Ramadan hingga usai Lebaran mendatang.

General Manager (GM) PT Pertamina MOR IV, Yanuar Budi Hartanto mengatakan bahwa selama Ramadan hingga arus balik mendatang, pihaknya memperkirakan akan terjadi kenaikan BBM jenis gasoline (Premium, Pertalite dan Pertamax Series) rata-rata sebesar 30 persen. Yaitu dari rata-rata harian normal sebanyak 12 ribu kilo liter menjadi sekitar 15.500 kiloliter.

“Dari total kenaikan tersebut, puncaknya kami perkirakan antara H-6 Lebaran hingga H+6. Di puncak tersebut, konsumsi diperkirakan bisa meningkat hingga 80 persen,” ujarnya, kemarin.

Sedangkan untuk BBM jenis Gasoil diperkirakan akan mengalami penurunan hingga 15 persen dari konsumsi rata-rata harian. Yaitu dari 4.860,72 KL menjadi 4.109,39 KL. “Penurunan ini karena biasanya ada pembatasan operasional angkutan barang dan penurunan kegiatan angkutan industri,” ujarnya.

Selain BBM, pihaknya juga menambah stok elpiji hingga 10 persen dari rata-rata konsumsi harian normal. Yaitu dari 26.162.813 tabung menjadi 28.736.410 tabung.

Unit Manager Comm & CSR MOR IV, Andar Titi Lestari menambahkan, selain menambah stok, pihaknya juga berupaya memastikan ketersediaan suplai. Di antaranya dengan menyiapkan beberapa fasilitas alternatif tempat pengisian BBM agar masyarakat dapat dengan mudah memperoleh akses pengisian BBM.

“Kami tempatkan beberapa unit motorist kemasan, menyebar titik kiosk pertamax yang dilengkapi dengan mobile dispenser dan BBM kemasan. Fasilitas ini akan disebar di beberapa jalur mudik reguler, ruas tol serta di jalur wisata yang rawan dengan kepadatan,” ujarnya. (dna/ida)