Jangan Ada Aksi Sweeping

137
JAGA KONDUSIVITAS : Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito memeriksa pasukan dalam apel bersama berbagai elemen masyarakat di Alun-alun Kota Magelang. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
JAGA KONDUSIVITAS : Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito memeriksa pasukan dalam apel bersama berbagai elemen masyarakat di Alun-alun Kota Magelang. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito meminta kepada seluruh organisasi massa (ormas) tidak melakukan sweeping tanpa izin selama Ramadan. Hal ini untuk menjaga kesucian bulan Ramadan.

Sigit memberi penekanan kepada semua ormas agar tidak melakukan tindakan yang bukan menjadi wewenang mereka. Salah satunya menggelar aksi sweeping tanpa izin. “Percayakan segala sesuatunya terhadap aparat penegak hukum. Dengan begitu masyarakat sudah andil untuk menjaga Kota Magelang aman dan kondusif. Kota Magelang situasi keamanannya sudah sangat baik, tapi akan lebih bagus lagi kalau semua lapisan masyarakat melakukan pembinaan terhadap anak-anak kita, agar tidak termakan paham-paham yang keliru,” jelas Sigit usai menjadi inspektur upacara dalam apel bersama Polres Magelang Kota dan berbagai elemen masyarakat di Alun-alun Magelang, Rabu (16/5).

Sigit meminta, masyarakat bisa peka terhadap lingkungan masing-masing. Termasuk memberikan laporan kepada pihak berwajib apabila ada tamu dari luar yang tidak membawa identitas diri. Sigit berharap, para pemangku kepentingan tingkat RT dan RW di Kota Sejuta Bunga selalu responsif melaporkan bila ada indikasi perbuatan kejahatan dan tindakan kriminal lain yang meresahkan.

Sementara itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Magelang akan mengawasi ketat tempat hiburan serta restoran selama Ramadan. “Sejauh ini kami mengetahui bahwa Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) telah mengedarkan surat pemberitahuan kepada seluruh pengelola hiburan. Terutama kepada tempat karaoke yang diatur dalam jam buka mulai pukul 21.00-00.00 WIB,” jelas Kepala Satpol PP Kota Magelang, Singgih Indri Pranggana, Rabu (16/5).

Di Kota Magelang ada empat tempat karaoke berizin yaitu Nav, Happy Puppy, Pattaya, dan Pop. Singgih menilai, selama ini pengelola tempat karaoke selalu menaati aturan, terutama saat Ramadan. “Namun tetap akan kami kontrol dan giatkan patroli,” tegas Singgih.

Ketua Komisi A DPRD Kota Magelang, Arifin Mustofa, meminta Satpol PP menggencarkan operasi penertiban selama Ramadan, terutama tempat hiburan seperti karaoke maupun tempat makan. Langkah tegas, menurut Arifin, bertujuan untuk menjaga suasana bulan puasa agar khusyuk. “Jika ada yang melanggar, langsung ditindak saja. Cabut izinnya juga,” tandas Arifin. (had/ton)