Bulog Pastikan Stok Beras Aman

289

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Perum Bulog Divre Jawa Tengah memastikan ketersediaan stok beras dan sejumlah bahan pokok lainnya aman selama puasa dan Lebaran tahun 2018 ini.

Kepala Perum Bulog Divre Jawa Tengah, Djoni Nur Ashari mengatakan bahwa selama puasa hingga jelang Lebaran, biasanya terjadi peningkatan permintaan beras sekitar 5 persen dari kebutuhan normal. Terkait hal ini, ia menyatakan pihaknya siap memenuhi kebutuhan tersebut.

“Saat ini masih ada stok beras cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga tiga bulan ke depan,” ujarnya di sela pelepasan 19 truk berisi komoditas Operasi Pasar dan Gerakan Stabilisasi Harga oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), kemarin.

Selain itu, lanjutnya, hingga saat ini pihaknya juga masih melakukan penyerapan dari sejumlah daerah di Jawa Tengah. Di antaranya, Sragen, Grobogan, Pekalongan dan Tegal. Per hari penyerapan mencapai antara 1.300 hingga 1.500 ton. “Panen rendengan memang sudah selesai, namun untuk panen gadu di sejumlah daerah masih ada, khususnya pada Mei dan Juni,” ujar Djoni.

Ia menambahkan, untuk mengamankan kecukupan pasokan dan mengawal kestabilan harga, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah melalui Bulog telah menyiapkan 69 ribu ton beras berbagai kualitas dengan harga Rp 8.950 – Rp 13.400, 35 ribu ton gula pasir dengan harga satuan Rp 12.000, 54 tepung terigu senilai Rp 4.000/kg, 4 ton daging dan 185 ton jagung. (dna/ida)