TNI Siap Dilibatkan

Dalam Pemberantasan Teroris

318
SELAMAT : Seorang anggota Kowal mendapat ucapan selamat usai dilantik sebagai perwira prajurit karir TNI di di Lapangan Sapta Marga Akmil Magelang, Selasa (15/5). (AGUS HADIANTO/JAWA POS RADAR KEDU)
SELAMAT : Seorang anggota Kowal mendapat ucapan selamat usai dilantik sebagai perwira prajurit karir TNI di di Lapangan Sapta Marga Akmil Magelang, Selasa (15/5). (AGUS HADIANTO/JAWA POS RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap untuk dilibatkan dalam pemberantasan teroris. Mengingat bahwa TNI mempunyai kemampuan dalam pencegahan dan pemberantasan teroris.

“Memang sekarang, RUU sedang dalam proses tapi yang sering kami sampaikan berulang-ulang, panglima juga menyampaikan. Kita tidak dalam posisi menekan tetapi memberikan masukan,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Brigjen Sabrar Fadhilah usai Prasetya Perwira Prajurit Karier TNI TA 2018 di Lapangan Sapta Marga Akademi Militer Magelang, Selasa (15/5).

Sabrar menegaskan, teroris adalah musuh bersama. TNI mempunyai kemampuan untuk membantu, baik untuk tahap pencegahan maupun penindakan. Kapuspen juga memastikan bahwa keterlibatan TNI dalam pemberantasan teroris adalah secara institusi bukan personel orang per orang.

“Institusi kami ini punya struktur yang tertata. Ada teritorial, ada intelijen. Ada pasukan-pasukan pemukul. Yang kesemuanya bisa dijadikan kekuatan dan kemampuan untuk membantu pencegahan terhadap terutamanya teroris,” jelasnya.

Sementara itu, sebanyak 270 siswa pendidikan pertama perwira prajurit karier (Dikmapa PK) TNI, kemarin dilantik menjadi perwira TNI oleh Panglima TNI Marsekal (TNI) Hadi Tjahjanto. Hadi menegaskan, profesi sebagai prajurit TNI merupakan suatu tantangan sekaligus kehormatan. Sebab, mengemban tugas-tugas negara bukan suatu pekerjaan yang ringan. Terlebih jika dihadapkan pada kondisi bangsa dan negara yang saat ini penuh dinamika. “Untuk itu masih memerlukan kerja keras, semangat serta motivasi yang tinggi sehingga nantinya benar-benar profesional dan siap dalam melaksanakan setiap tugas dari negara,” kata Hadi.

Sebanyak 270 perwira Prajurit Karier (PK) TNI yang dilantik terdiri atas 129 orang dari matra darat, 80 matra laut serta 61 matra udara. Sebelumnya, mereka  telah menjalani pendidikan militer secara khusus selama lima bulan di Akademi Militer Magelang dan setelah dilantik berhak menyandang pangkat letnan dua. (had/ton)

Silakan beri komentar.