KPU Mulai Sortir Surat Suara Pilgub

416
CEK SURAT SUARA : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, Senin (14/5) lalu mulai mensortir surat suara pemilihan cagub dan cawagub Jawa Tengah tahun 2018. (Istimewa)
CEK SURAT SUARA : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, Senin (14/5) lalu mulai mensortir surat suara pemilihan cagub dan cawagub Jawa Tengah tahun 2018. (Istimewa)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, mulai Senin (14/5) lalu hingga empat hari ke depan, menyortir surat suara pemilihan cagub dan cawagub Jawa Tengah tahun 2018. Penyortiran ini untuk memilah adanya surat suara yang rusak dan tidak sah digunakan.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Magelang Iwan Dono Indarto menjelaskan, penyortiran merupakan upaya untuk mengecek sebelum surat suara tersebut didistribusikan ke tempat pemungutan suara di Kota Magelang.

“Sebelum didistribusikan di TPS-TPS maka terlebih dahulu kita sortir untuk mengantisipasi adanya surat suara yang rusak. Jika ditemukan ada yang rusak maka dapat kita tukarkan ulang kepada KPU Provinsi sebagai penanggung jawab,” kata Iwan, Selasa (15/5).

Iwan menyebutkan, ada beberapa kriteria kerusakan yang menjadi penilaian surat suara harus diganti. Kriteria tersebut adalah surat suara telah berlubang, cetakan gambar tidak jelas, gambar kabur tidak sesuai dengan desainnya dan atau bahkan gambar calon Gubernur dan Wakil Gubernur tidak lengkap.

“Kita target empat hari ini kita selesaikan, jika ada kerusakan maka akan lebih cepat kami lakukan permohonan penggantian ke KPU Provinsi sehingga pada waktu pelaksanaan Pemilu dapat berjalan lancar,” jelas Iwan.

Iwan menyebutkan, saat ini ada 91.621 surat suara yang didistribusikan sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen surat suara di setiap TPS. “Sedangkan di Kota Magelang sendiri terdapat 220 TPS di 17 kelurahan, dengan jumlah TPS paling banyak di Kelurahan Rejowinangun sebanyak 24 TPS dan paling sedikit di Kelurahan Jurangombo Utara sebanyak 7 TPS,” imbuh Iwan. (had/ton)