Jalan Veteran Akan Kembali Dua Arah

445

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Jalan Veteran Semarang akan kembali diberlakukan sistem dua arah. Rencananya, uji coba pemberlakuan sistem dua arah ini akan dilakukan Rabu Minggu depan.

Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi menjelaskan, diberlakukannya kembali sistem dua arah ini bertujuan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas di ujung Jalan Pandanaran (dekat Simpanglima). Menurut pengamatan selama ini, setiap sore, di Jalan Veteran jumlah volume kendaraannya tidak terlalu padat. ”Sehingga akan kita manfaatkan untuk mengurai kepadatan dengan memecah arus kendaraan ke Jalan Veteran tersebut,” ujarnya, Selasa (15/5) kemarin.

“Rabu Minggu depan akan kami lakukan trial and error terhadap pemberlakuan dua arah di Jalan Veteran. Kemudian tanggal 24 Mei nanti full,” imbuhnya.

Dengan diberlakukannya sistem dua arah ini warga yang hendak menuju Semarang Timur bisa melewati Jalan Dr Sutomo menuju ke Jalan Veteran langsung ke Jalan Sriwijaya, tanpa harus melalui simpang lima via Jalan Pandanaran.

”Hanya saja ketika di simpang Polda belum bisa langsung ke Sriwijaya. Nanti bisa muter dulu di depan kantor kejaksaan tinggi, karena belum terpasang traffic light,” jelasya sembari menambahkan, uji coba ini nantinya masih akan dilakukan evaluasi bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang.

Termasuk mengenai rambu-rambu, setelah sistem ini berjalan, Dishub akan kembali memasang rambu-rambu di Jalan Veteran. ”Nanti tentu akan kami pasang kembali mengenai rambu-rambunya,” jelas Danang Kurniawan, Kabid Perparkiran dan Pengendalian Ketertiban Dishub Kota Semarang. (sga/zal)