Ribuan Santri dan Kiai Sepuh Doakan Sudirman

366
DUKUNGAN KIAI: Calon Gubernur Jateng Sudirman Said saat berbincang dengan KH Chalwani, KH  Anwar Iskandar dan KH Yusuf Chudlori. (ISTIMEWA)
DUKUNGAN KIAI: Calon Gubernur Jateng Sudirman Said saat berbincang dengan KH Chalwani, KH  Anwar Iskandar dan KH Yusuf Chudlori. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Ribuan santri dan kiai sepuh mendoakan pasangan Sudirman Said dan Ida Fauziyah menjadi pemimpin di Jawa Tengah. Peristiwa itu terjadi pada acara Tasyakur Lil Ikhtitam atau wisuda kelulusan santri-santri tingkat SMP dan SMK Ponpes API Tegalrejo, Magelang, Sabtu (12/5) malam.

Hadir dalam kesempatan itu, antara lain KH Chalwani dari Purworejo, KH  Anwar Iskandar dari Ponpes Al Amin Kediri, KH Yusuf Chudlori, dan sejumlah kiai sepuh lainnya. “Manut kiai ki enak. Arep nduwe gubernur dipilihke (nurut sama kiai itu enak. Mau punya gubernur dipilihkan),” kata KH Anwar Iskandar saat memperkenalkan Sudirman Said.

“Pak Dirman ini calon Gubernur Jawa Tengah, berpasangan dengan anak saya Ida Fauziyah,” imbuhnya di sela-sela ceramahnya.

Sudirman sendiri hadir di acara tersebut tepat pukul 24.00 setelah menempuh perjalanan selama 2,5 jam dari Solo. Di Solo, Sudirman hadir dalam acara talkshow sebuah televisi swasta bertajuk Republik Digital.

Usai acara pengajian, Sudirman bersilaturahim dengan para kiai sepuh di kediaman salah satu kiai muda pengasuh Ponpes API Tegalrejo. Para kiai berharap, Sudirman dan Ida dapat mengubah Jateng menjadi lebih baik.

Dalam 22 janji kerja yang dibuat Sudirman dan Ida soal pendidikan agama, khususnya ponpes mendapat perhatian khusus. Paslon nomor urut 2 ini akan mengalokasikan anggaran khusus guna mengembangkan pendidikan di ponpes. “Peran pesantren untuk pendidikan terutama benteng moralitas sangat besar. Jadi, sudah harus mendapatkan perhatian lebih,” kata Sudirman.  (fth/aro)