Bajong Banyu Tradisi Sambut Puasa

147
TRADISI UNIK : Warga Dusun Dawung Desa Banjarnegoro Kabupaten Magelang mementaskan tradisi Bajong Banyu atau lempar air menyambut bulan puasa, Minggu (13/5). (Agus Hadianto/radar kedu)
TRADISI UNIK : Warga Dusun Dawung Desa Banjarnegoro Kabupaten Magelang mementaskan tradisi Bajong Banyu atau lempar air menyambut bulan puasa, Minggu (13/5). (Agus Hadianto/radar kedu)

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID – Berbagai ritual dilakukan oleh sejumlah warga di berbagai daerah dalam menyambut bulan puasa. Tak terkecuali warga Dusun Dawung, Desa Banjarnegoro, Kabupaten Magelang. Mereka Bajong Banyu dalam menyambut bulan Ramadan.

Bajong Banyu adalah tradisi yang dilakukan setiap menjelang bulan Ramadan. Tradisi ini sudah lima tahun dilaksanakan. Tujuannya untuk menyucikan diri sebelum memasuki bulan Ramadan.

“Ini adalah tradisi tahunan menjelang bulan Ramadan, tujuannya untuk penyucian diri,” kata Ketua Karangtaruna Dusun Dawung, Gepeng Nugroho, Minggu (13/5).

Gepeng mengungkapkan, Bajong Banyu diawali dengan upacara yang diiringi pertunjukan tarian tradisional dari mulai Topeng Ireng hingga Jathilan. Dilanjutkan prosesi pengambilan air di sumber air Sendang Kedawung oleh puluhan warga, tokoh dan perangkat desa setempat.

Air sendang dibawa lagi ke tengah-tengah dusun. Selanjutnya sesepuh desa menuangkan air ke dalam gentong. Lalu menyiramkan dan melemparkannya kepada masyarakat. Terjadilah perang air atau Bajong Banyu yang merupakan inti dari tradisi tersebut.

“Sejak dulu sampai sekarang mata air di Sendang Kedawung ini unik karena tak pernah kering, meskipun kemarau. Ritual ini untuk mengingatkan kita akan pentingnya sumber mata air, yang harus terus dijaga. Karena sumber air itu yang memberikan penghidupan untuk masyarakat,” imbuh Gepeng.

Salah seorang warga Dusun Dawung, Suparno, mengatakan, selain tujuannya untuk padusan, Bajong Banyu ini sejatinya adalah kebersamaan. Masyarakat berbaur menjadi satu, membawa semangat kebersamaan melalui perang air tersebut. “Kita saling bersama-sama, bergembira bersama menyambut bulan suci Ramadan dengan bersemangat,” terang Suparno. (had/lis)