RT/RW dan Modin Terima Insentif

433
SERAHKAN INTENSIF: Asisten Setda Tri Priyo Nugroho saat memberikan bantuan insentif kepada ketua RT dan RW di wilayah Argomulyo. (ISTIMEWA)
SERAHKAN INTENSIF: Asisten Setda Tri Priyo Nugroho saat memberikan bantuan insentif kepada ketua RT dan RW di wilayah Argomulyo. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – 1.290 RT dan RW di wilayah kota Salatiga mendapatkan bantuan administrasi dan insentif masing–masing Rp 2 juta. Selain itu, 88 modin juga mendapatkan bantuan insentif dari pemerintah sebesar Rp 1.275.000.

Penyerahan bantuan RT/RW di seluruh kecamatan di Kota Salatiga dilaksanakan bertahap beberapa hari. Penyerahan terakhir di Kecamatan Argomulyo disampaikan secara simbolis oleh Asisten Administrasi Sekda Kota Salatiga, Y Tri Priyo Nugroho di Aula Kecamatan Argomulyo.

Tri Priyo menjelaskan bahwa dana bantuan dan insentif untuk RT/RW adalah sebesar Rp. 2.000.000 dengan periciannya bantuan administrasi RT dan RW sebesar Rp 300.000 dan bantuan administrasi kelompok PKK RT dan RW sebesar Rp 300.000.

“Sedangkan insentif bagi Ketua RT dan Ketua RW sebesar Rp 1.150.000 dengan dikenakan pajak PPh pasal 21 sebesar 6 persen dan insentif bagi Ketua PKK RT dan PKK RW sebesar Rp 250.000 dengan dikenakan pajak 6 persen. Jadi total yang diterimakan sejumlah Rp 1.916.000,” jelas Tri Priyo Nugroho.

Ia memberikan imbauan kepada Ketua RT dan Ketua RW untuk mempergunakan dana tersebut sebagaimana mestinya. “Saya mengimbau agar insentif tersebut dipergunakan sebagaimana mestinya, sesuai rincian yang sudah saya sampaikan. Mungkin jumlahnya masih jauh dibandingkan dengan pengabdian Anda semua, namun kiranya bantuan tersebut dapat meningkatkan kinerja dan peran RT, RW maupun PKK di Kota Salatiga,” imbuhnya.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Joko Wahono menyampaikan rincian bahwa untuk Kecamatan Tingkir sebanyak 354 RT dan RW, Kecamatan Sidorejo sebanyak 355 RT dan RW, Sidomukti sebanyak 317 RT dan RW dan Argomulyo sebanyak 266. Sehingga total penerima adalah 1.290 RT dan RW.

Sementara itu, apresiasi Pemkot terhadap profesi modin di kota Salatiga salah satunya diwujudkan dengan pemberian insentif. Para modin ini berasal dari kecamatan Sidorejo sejumlah 24 orang, kemudian 21 orang dari kecamatan Tingkir, 22 orang dari kecamatan Argomulyo lalu 21 orang dari  kecamatan Sidomukti. “Ada 88 orang modin yang menerima bantuan ini. Masing-masing akan menerima Rp 1.275.000 setelah dipotong pajak. Diakui, bahwa pemberian ini belum memadai namun upaya perbaikan  akan terus dilakukan,”  ujar Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Salatiga BPH Pramusinta. (sas/bas)