Mahasiswa Humas Undip Gelar Gerakan Genuk Sehat

241
SOSIALISASI: Mahasiswa D3 Humas Undip dan Duta Lingkungan Kota Semarang saat sosialisasi pentingnya kebersihan di depan kader PKK Kelurahan Genuksari. (ISTIMEWA)
SOSIALISASI: Mahasiswa D3 Humas Undip dan Duta Lingkungan Kota Semarang saat sosialisasi pentingnya kebersihan di depan kader PKK Kelurahan Genuksari. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Mahasiswa D3 Hubungan Masyarakat (Humas) Universitas Diponegoro (Undip) menggelar “Gerakan Genuk Sehat” di Kelurahan  Genuksari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Kampanye kesehatan dan lingkungan ini dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu-Minggu (5-6/5) lalu.

Di hari pertama, para mahasiswa mengajak masyarakat Genuksari sekitar 60 orang untuk jalan sehat sambil memungut sampah di sepanjang rute perjalanan. Kampanye ini didukung oleh Komunitas Trashbag Semarang. Sedangkan pada hari kedua, Minggu siang (6/5), digelar sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan bersama Duta Lingkungan yang dihadiri oleh kader PKK di Gedung Biru PKK Kelurahan Genuksari.

Ketua Pelaksana Gerakan Genuk Sehat, Prasasti W, menjelaskan,  dalam kegiatan tersebut, warga bisa mengecek kesehatannya secara gratis di Puskesmas Genuk. Syaratnya, cukup menunjukkan KK atau KTP domisili Semarang.  “Sedangkan kegiatan sosialisasi dihadiri oleh ibu-ibu PKK, Kepala Kelurahan Genuksari, Perwakilan Puskesmas Genuksari dan Duta Lingkungan Semarang.  Sosialisasi diawali dengan perwakilan dari Puskesmas Genuksari yang memberikan edukasi tentang pencegahan penyakit kulit dan gangguan pencernaan dikarenakan daerah Genuk sering terjadi banjir dan rob,” bebernya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Di akhir acara diserahkan tempat sampah untuk 3 RW di Kelurahan Genuksari sebagai simbol merawat lingkungan dan pencegahan banjir dengan cara membuang sampah pada tempatnya. “Kampanye Gerakan Genuk Sehat ini salah satu bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan, serta bertujuan agar warga Genuksari sadar dengan kesehatan dan lingkungannya,”katanya.

Kader PKK Genuksari, Sukinah, mengatakan, sosialisasi Gerakan Genuk Sehat ini penting, karena wilayahnya sering dilanda banjir dan rob yang membawa sampah. “Dengan adanya sosialisasi kebersihan lingkungan ini diharapkan warga juga sadar akan kebersihan lingkungannya,”kata Sukinah. (sct/aro)