Bangun Karakter Lewat Polisi Cilik

523
DISIPLIN : Salah satu tim Polisi Cilik saat tampil dalam Lomba Polisi Cilik yang digelar Polres Kebumen. (DOK HUMAS POLRES KEBUMEN)
DISIPLIN : Salah satu tim Polisi Cilik saat tampil dalam Lomba Polisi Cilik yang digelar Polres Kebumen. (DOK HUMAS POLRES KEBUMEN)

RADARSEMARANG.COM, KEBUMEN Polres Kebumen menggelar lomba Polcil atau Polisi Cilik untuk memeriahkan HUT ke-72 Bhayangkara. Adapun peserta dalam perlombaan yang digelar di Mapolres Kebumen, Rabu (9/5), adalah Polcil perwakilan seluruh Polsek Jajaran Polres Kebumen.

Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar dalam sambutannya mengatakan, kegiatan itu untuk memberikan pengertian, pemahaman dan menanamkan kedisiplinan sejak dini kepada para generasi penerus. “Sehingga para pelajar memiliki kepedulian terhadap arti pentingnya keselamatan lalu lintas. Peserta lomba adalah para pelajar tingkat SD hingga SMA. Mereka akan memperagakan kebolehannya di depan para juri,” kata Arief.

Dalam kesempatan itu, bukan hanya dari Polres Kebumen saja yang menjadi juri, Kodim 0709 Kebumen juga dilibatkan untuk melakukan penilaian. Turut hadir dalam lomba tersebut Ketua Bhayangkari Cabang Kebumen Ny Novy Arief Bahtiar memberikan motivasi kepada para peserta.

Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Suryo Wibowo mengatakan, kriteria penilaian lomba meliputi peraturan baris berbaris dasar, 12 isyarat pengaturan lalu lintas, variasi peraturan baris berbaris dan kekompakan seragam. “Lomba tersebut diharapkan dapat menjadi media membangun karakter anak-anak usia dini terhadap disiplin dan taat akan peraturan. Sehingga kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi penerus,” kata Suryo. (jpg/ton)