Apresiasi untuk Sosok-Sosok Hebat

Malam Puncak Apresiasi Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2018

304
APRESIASI: Seluruh penerima Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2018  dengan tema Inspirasi Jawa Tengah berfoto bersama usai acara. (Nurchamim / Jawa Pos Radar Semarang)
APRESIASI: Seluruh penerima Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2018  dengan tema Inspirasi Jawa Tengah berfoto bersama usai acara. (Nurchamim / Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG—Permainan lighting yang menawan, disertai atraksi pertunjukan drum light menandai Malam Puncak Anugerah JAwa Pos Radar Semarang, Jumat (11/5) malam, di Ballroom Hotel Aston Jalan MT Haryono No 1 Semarang. Dengan tata panggung yang berkelas, gelaran Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2018 memukau ratusan tamu undangan yang memenuhi ballroom.

Tadi malam, tiga muspida provinsi Jawa Tengah, menerima apresiasi dari Jawa Pos Radar Semarang.  Mereka adalah Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs Condro Kirono M.M, M.Hum, Panglima Kodam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto S.Sos, M.Si, dan Plt Gubernur Jateng, Drs H. Heru Sudjatmoko M.Si.

Selain Heru, Kapolda dan Pangdam menerima langsung award yang diserahkan langsung oleh Dirut Jawa Pos Koran, Leak Kustiyo dan Direktur Jawa Pos Radar Semarang, Baehaqi. Penghargaan untuk Plt Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko diterima oleh Sekda Provinsi Jateng, Dr Ir Sri Puryono KS M.P. Sekda hadir mewakili Plt Gubernur. Heru sendiri berhalangan hadir karena pada saat bersamaan tengah mengikuti kegiatan kepartaian di Solo yang dihadiri oleh Megawati Soekarnoputri.

Baik Kapolda Jawa Tengah, Panglima Kodam IV/Diponegoro dan Plt Gubernur Jawa Tengah, menerima apresiasi untuk kategori Dedikasi Membangun Negeri. Penghargaan diberikan karena ketiganya berkontribusi positif bagi kemajuan pembangunan Jawa Tengah.

“Dedikasi yang beliau-beliau curahkan dalam kapasitas sebagai pemimpin dengan berbagai inovasi, terobosan, kreativitas, di instansi yang mereka pimpin untuk kemajuan dan kondusivitas Jawa Tengah, perlu kami apresiasi. Karena itu, Jawa  Pos Radar Semarang merasa perlu memberikan apresiasi kepada Bapak Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko;  Bapak Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Bapak Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto,” kata Direktur Jawa Pos Radar Semarang, Baehaqi, saat memberikan sambutan pada gelaran Malam Puncak Anugerah Jawa Pos Radar Semarang, tadi malam.

Baehaqi menyampaikan ada 35 penerima apresiasi. Rinciannya, 19 penerima perseorangan dan 16 instansi. Mereka terdiri atas perseorangan karena kiprah, terobosan, pemikiran, spirit, maupun keteladanannya. Juga lembaga/instansi/satuan kerja pemerintahan maupun swasta yang program-program layanannya, CSR-nya, inovasi, dan terobosannya, memang pantas untuk diapresiasi.

Sejumlah kepala daerah tercatat menerima apresiasi  atas inovasi program-program kerjanya. Di antaranya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi SE, MM, Bupati Pemalang HM Djunaedi SH, MH, Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi SH, M.Si; dan Bupati Kendal dr Mirna Annisa M.Si.

Bupati Pekalongan, misalnya, menerima apresiasi karena inovasi program Sonjo Deso-nya, sedangkan Bupati Pemalang bakal menerima apresiasi karena program Desa Pintar dan Gemati. Sementara Bupati Kendal karena inovasi program penganggaran yang membuat PAD Kendal melejit. Sedangkan Wali Kota Semarang karena terobosannya menggerakkan wisata kreatif. Wali Kota Semarang Hendrar prihadi menyampaikan permintaan maafnya karena tidak bisa hadir, karena berbarengan dengan kegiatan kepartaiann di Solo.

Tak hanya para kepala daerah, sejumlah legislator, baik di tingkat provinsi maupun pusat, juga menerima apresiasi. Di antaranya, anggota DPR RI: Mujib Rohmat, Fathan Subchi, dan Abdul Fikri Faqih. Sedangkan anggota DPRD Jateng, Riyono dan Ferry Wawan Cahyono. Dari kalangan pengusaha, ada nama Ferry Firmawan Ph. D; Santoso Kurniadi pemilik Atlanta Electronics dan lainnya (selengkapnya lihat grafis).

Selain dari kalangan legislatif, pengusaha, kalangan perguruan tinggi juga hadir. Di antaranya, rektor   Udinus Prof Dr Ir Edi Noersasongko M.Kom  dan Rektor Unnes Semarang Prof Dr Fathur Rokhman MHum. Apresiasi juga diberikan untuk dua BUMN: PT PLN  APD Jawa Tengah-DIY dan Telkom Regional  IV Jateng-DIY. Serta unsur pemerintahan ada Kanwil DJP Jateng I.

Sedangkan dari kalangan swasta, ada Madu Bima, PT Sido Muncul, RS Telogorejo, Alfamart, dan lainnya. “Secara khusus kami juga menyampaikan terima kasih kepada para sponsor kegiatan ini, utamanya kepada Bank BTPN dan Djarum melalui Djarum Foundation-nya. Apresiasi juga diberikan kepada kalangan advokat, instansi satuan kerja, maupun pegiat sosial,” kata Iskandar selaku ketua panitia kegiatan.

Iskandar menyampaikan, Anugerah Jawa Pos Radar Semarang menjadi tradisi penganugerahan yang dipersembahkan oleh manajemen Jawa Pos Radar Semarang. “Apa yang kami lakukan, sebagai wujud apresiasi kami kepada sosok-sosok inspirasional yang paling tidak telah mampu membawa pengaruh positif bagi lingkungannya, apakah itu lingkungan kerjanya, masyarakat, dan sebagainya. Karena sekecil apapun kebaikan, musti diapresiasi.”

Dirut Jawa Pos Koran, Leak Kustiyo mengatakan, melalui penghargaan ini Jawa Pos ingin menumbuhkan sikap apresiasi atas kerja dan karya di masyarakat. Mendorong agar masyarakat bisa memberikan penghargaan pada upaya melahirkan terobosan dalam membangun negeri.

“Sebagai media kami memandang urgen untuk menggugah semua lini masyarakat agar tidak kering dalam memberikan apresiasi atas kerja keras tokoh-tokoh dalam menciptakan karya inovasi. Agar melek terhadap apa yang disebut matursembahnuwun,” imbuh Leak.

Pada kesempatan ini, Leak mengajak media untuk tidak hanya pintar mencari kesalahan, tapi juga harus punya reflek yang cepat memberikan apresiasi. Leak menjelaskan bahwa saat ini Jawa Pos menghadapi tantangan yang tidak ringan, yakni menjaga kepercayaan yang diberikan masyarakat.

Atas kepercayaan ini pula, Jawa Pos terus mengalami pertumbuhan pesat. Termasuk, Jawa Pos bisa lebih maju karena terus mengedepankan cara-cara bijak, memegang nilai kesantunan yang direfleksikan ke dalam bentuk media Massa.

“Untuk itu kita tidak pernah berhenti  mengedepankan kejujuran, agar semua masyarakat mendapat pencerahan. Kami tadarus tiap hari, mengoreksi tiap huruf dan kata yang tidak pantas, untuk tetap menjaga kepercayaan masyarakat. Pada akhirnya supaya kita bisa tumbuh bersama masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden direktur PT Sido Muncul, Irwan Hidayat yang menerima apresiasi dibidang perusahan yang fokus dalam segi CSR operasi katarak gratis di Indonesia mengatakan, jika pihak perusahaan memang konsisten sejak tahun 2011 lalu untuk memberikan bantuan operasi katarak gratis. “Kami fokus sampai saat ini, total sudah ada 60 juta mata yang telah kami bantu mengangkat katarak di Indonesia,” katanya kemarin.

Sampai saat ini walaupun warga Indonesia telah tercover BPJS, komitmen Sido Muncul tetap dilakukan. Pasalnya dirinya yakin belum semua lapisan masyatakat belum tercover secara keseluruhan. Selain operasi katarak gratis, Sido Muncul juga rutin melakukan mudik gratis.”Karena pasti ada yang kelewatan jadi kami fokus untuk terus melakukan,” ucapnya.

Terkait penghargaan yang diberikan Jawa Pos Radar Semarang,  ia mengaku sangat mengapresiasi, terlebih penghargaan tersebut diberikan kepada insan Jawa Tengah yang telah memberikan kontribusi dan inovasi demi kemajuan Jawa Tengah “Semua penerima penghargaan yang diberikan memang sangat layak diterima oleh masing-masing penerima,” tambahnya. (isk/sga/den/bas)