Adu Kemampuan Komunitas Berkendara Seru dan Safety

1265
LINCAH : Salah satu peserta mencoba melewati halangan yang ada dalam ajang Safety Riding Competition Kategori Community Tingkat Regional. (ISTIMEWA)
LINCAH : Salah satu peserta mencoba melewati halangan yang ada dalam ajang Safety Riding Competition Kategori Community Tingkat Regional. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Astra Motor Jateng mengajak anggota Honda Community Jateng unjuk kemampuan dalam safety riding. Ada sebanyak 19 anggota komunitas saling beradu kemampuan dan skill dalam mengendalikan sepeda motor dengan teknik safety riding bertajuk Safety Riding Competition Kategori Community Tingkat Regional.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto mengatakan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka menyambut kompetisi safety riding tingkat nasional bulan Juli mendatang.

“Skill berkendara dengan aman merupakan syarat mutlak yang perlu dimiliki oleh setiap anggota komunitas. Ada tiga ujian dalam kompetisi ini, pertama uji kemampuan pengereman dimana peserta harus bisa menghentikan laju sepeda motornya dari kecepatan yang sudah ditentukan tanpa membuat roda terkunci,” ucapnya usai acara di halaman gudang Astra Motor Jateng Jalan Gatot Subroto Semarang.

Selain itu, ada uji keseimbangan di atas narrow plank, dimana peserta harus berkendara dengan kecepatan sepelan mungkin tanpa menurunkan kaki dan harus mempertahankan postur berkendara. Kemudian ada uji slalom course, yakni keterampilan berkendara diuji secara akurat dan cepat di lintasan yang dirancang khusus.

“Anggota komunitas sepeda motor terutama sepeda motor Honda harus mampu menjadi contoh yang baik dalam berkendara di jalan raya, alias menjadi kader-kader #Cari_Aman untuk lingkungannya,” tambahnya.

Kompetisi ini terbagi dalam dua kategori, yaitu kategori Sport 150cc dan Matic 150cc. Tidak hanya diikuti oleh laki-laki, anggota komunitas perempuan juga mengikuti kompetisi ini. Tim Safety Riding dari Astra Motor Jateng menjadi juri dalam kompetisi ini dengan menitikberatkan pada aspek prosedur start, postur berkendara dan waktu atau jarak tempuh baik yang waktu tercepat atau terlama dan jarak terpendek. (den/ida)