Truk Overload Tak Terpantau

Jembatan Timbang Sudah Direnovasi

137
RENOVASI : Jembatan timbang di kawasan Subah direnovasi untuk mengoptimalkan pelayanan. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
RENOVASI : Jembatan timbang di kawasan Subah direnovasi untuk mengoptimalkan pelayanan. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COMBATANG – Sejak beberapa hari kemarin, angkutan barang di jalur pantura Batang melenggang aman tanpa was-was muatan overload. Pasalnya, Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB), Subah, Kabupaten Batang, berhenti beroperasi sementara karena sedang ada renovasi, hingga bulan Agustus 2018 ini.

Kepala UPPKB Subah, Arif Munandar, menjelaskan bahwa renovasi ini bentuk perhatian pemerintah pusat bahwa tempatnya menjalankan tugas dengan baik.

“Sejak lama kami berharap ada perbaikan fasilitas di tempat ini. Karena beban pantura Batang juga berat, semoga ke depan lebih baik,” ucapnya kepada Radar Semarang, Kamis (10/4).

Perbaikan yang dilakukan, lanjut Arif, terutama di lokasi rumah timbang. Terutama atapnya yang memang sudah tidak layak. Selain itu mesin juga diperbaiki.

Renovasi tersebut, kata Arif, dilakukan langsung oleh Dishub pusat. “Diperkirakan selesai hingga Agustus tahun ini, bisa kembali beroperasi,” ujarnya.

Namun dirinya masih berharap ke depan akan ada penambahan lokasi parkir, baik di bagian belakang maupun samping. Agar penilangan bisa berjalan maksimal.

Untuk diketahui, UPPKB Subah Batang merupakan satu diantara 26 UPPKB yang beroperasi di seluruh Indonesia. Dalam pelaksanaanya UPPKB yang berada dalam kewenangan Kementrian Perhubungan tersebut mampu menunjukkan kinerja atau tren positif bahkan menjadi yang teratas dalam hal capaian terbanyak penindakan berupa tilang dibanding 26 lokasi lain di Indonesia.

“Dari banyaknya penindakan berupa tilang, kami masih yang tertinggi di Indonesia,” ungkapnya.

Hal ini dibuktikan dari sidang yang cukup besar hasil tilangan di tempatnya. (han/zal)