1.000 Perempuan akan Menginap di Balkondes

330
Presiden International Council of Women (ICW) Jung Sook Kim saat berkunjung ke Balkondes  Ngadiharjo Borobudur, Rabu (9/5). (Ahsan fauzi/radar kedu)
Presiden International Council of Women (ICW) Jung Sook Kim saat berkunjung ke Balkondes  Ngadiharjo Borobudur, Rabu (9/5). (Ahsan fauzi/radar kedu)

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID –  Presiden International Council of Women (ICW) Jung Sook Kim bersama Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo berkunjung ke Balai Ekonomi Desa (Balkondes)  Ngadiharjo Borobudur, Rabu (9/5).  Jung Sook Kim, Giwo beserta rombongan tiba di Balkondes sekitar pukul 12.20 disambut pentas kesenian jathilan Turonggo Sari Mudho Tawangsari Ngadiharjo. Mereka ingin melihat bangunan, sarana prasarana dan aktivitas yang ada di Balkondes.

Giwo menuturkan, pada  13-18 September mendatang, Indonesia akan menjadi tuan rumah kongres atau sidang umum United Nations-International Council of Women (ICW) ke-35 tahun 2018. Menurut Giwo, kegiatan bergengsi tingkat dunia tersebut akan digelar di Hotel Ina Garuda Yogyakarta. Rencananya, peserta juga akan diajak berkunjung dan menginap ke Balkondes-Balkodes yang ada di Borobudur Magelang.

“Kehadiran saya bersama Jung Sook Kim hari ini (kemarin, red), ingin meninjau kesiapan lokasi acara untuk event akbar General Assembly ICW September mendatang ” ujar Giwo di sela kunjungan.

Perempuan asal Bandung Jabar itu menjelaskan, General Assembly ICW akan diikuti 1.000 peserta dari organisasi perempuan Indonesia dan dunia. Dari jumlah tersebut, 300-nya merupakan delegasi dari 70 negara anggota PBB.

Sementara itu, Jung Sook Kim menuturkan, dipilihnya Indonesia menjadi tuan rumah ICW tahun 2018 ini karena beberapa alasan kuat. Di antara, organisasi Kowani di Indonesia merupakan organisasi perempuan tertua dan terbanyak anggotanya. Selain itu,  kreativitas dan inovasi kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat sudah terbukti dan teruji.   (san/ton)