Wonokerso Maju Tingkat Jateng

451
PENILAIAN : Ketua tim penilai M Hafid (dua dari kiri) didampingi Pjs Bupati Sudaryanto meninjau lingkungan Desa Wonokerso Kecamatan Tembarak. (IST)
PENILAIAN : Ketua tim penilai M Hafid (dua dari kiri) didampingi Pjs Bupati Sudaryanto meninjau lingkungan Desa Wonokerso Kecamatan Tembarak. (IST)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Desa Wonokerso Kecamatan Tembarak maju lomba desa tingkat Provinsi Jawa Tengah setelah dinobatkan sebagai juara pertama tingkat Kabupaten Temanggung.

Ketua tim penilai M Hafid mengatakan lomba desa bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan yang berlangsung di desa. Melalui lomba ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan masing-masing desa.

Adapun aspek penilaiannya meliputi administrasi dan fisik yang mencakup bidang pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat. Juga keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Lomba desa tingkat Provinsi Jateng selain diikuti Desa Wonokerso Kabupaten Temanggung, juga diikuti 5 desa lain. Yakni dari Kabupaten Boyolali, Pekalongan, Brebes, Demak dan Kabupaten Pati.

Pjs Bupati Sudaryanto mengemukakan, penilaian lomba akan merangsang dan memotivasi kegiatan pembangunan desa. Desa Wonokerso selama ini dikenal sebagai desa penyangga pangan beras Kabupaten Temanggung. Semangat warga Desa Wonokerso selama ini sudah teruji. Terbukti berbagai program pembangunan bisa diselesaikan dengan baik. Salah satunya berhasil mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Makmur Lumintu dengan berbagai usaha yang dilakukan.

Kades Wonokerso Wildan mengatakan di bidang UMKM berhasil mengembangkan industri yakni jamur tiram, ceriping ketela, konveksi dan mebel. Kemudian BUMDes Makmur Lumintu dengan usaha persewaan alat-alat tratak dan kursi, lumbung pangan simpan pinjam, penyediaan bahan makanan beras telur dan penjualan produk olahan pangan. (*/lis)