ANTISIPASI : Tim gabungan operasi penanggulangan kenakalan remaja mengamankan sejumlah anak remaja dalam operasi Rabu (9/5) kemarin. (IST)
ANTISIPASI : Tim gabungan operasi penanggulangan kenakalan remaja mengamankan sejumlah anak remaja dalam operasi Rabu (9/5) kemarin. (IST)

RADARSEMARANG.COM, WONOSOBO – Tim gabungan operasi penanggulangan kenakalan remaja mengamankan lima remaja di perempatan Sawangan Wonosobo. Remaja tersebut berpenampilan seperti anak jalanan. Dua di antaranya berjenis kelamin perempuan dalam usia belia. Kelima remaja tersebut kemudian dibawa ke kantor Dinas Sosial untuk dilakukan pembinaan.

Menurut Kasi Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kantor Kesbangpol Kabupaten Wonosobo, Eko Riyanto operasi tersebut untuk menekan angka kenakalan remaja di Kabupaten Wonosobo.

“Ini untuk mengurangi perilaku menyimpang dari para remaja dan pelajar. Baik itu kedisiplinan, efek negatif dari penggunaan teknologi, penggunaan narkoba dan pelecehan seksual. Semua itu perlu sok terapi,” ujarnya.

Secara kontinyu pemerintah akan selalu mengadakan operasi kenakalan remaja dan pelajar maupun operasi lainnya, agar tercipta kondisi yang aman dan tertib di Wonosobo.

Hal senada dikatakan Provost Kodim Wonosobo Serka Sudarto, kegiatan operasi gabungan ini bertujuan untuk menanggulangi kenakalan remaja dan pelajar. “Di samping itu juga untuk menciptakan kota Wonosobo yang aman dan damai,” tandasnya.

Tim gabungan berjumlah 20 orang menyisir berbagai tempat nongkrong yang ada di Wonosobo. Mulai dari Taman Selomanik, GOR Wonolelo, Taman Fatmawati dan warnet. Tim yang terdiri dari Kesbangpol, Polres, Kodim, Dinsos Disdikbudpora, Kemenag, Pariwisata dan Kebudayaan, PKK itu juga menyisir perempatan Sawangan. (ali/lis)