BERSEMANGAT : Kemeriahan semarak PAUD, sekaligus pencanangan Gernas Baku di Alun-alun Kota Magelang, kemarin. (IST)
BERSEMANGAT : Kemeriahan semarak PAUD, sekaligus pencanangan Gernas Baku di Alun-alun Kota Magelang, kemarin. (IST)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Pemkot Magelang mengencarkan Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku). Gerakan ini untuk mendukung inisiatif dan peran keluaraga dalam meningkatkan minat baca anak. Salah satunya, melalui pembiasaan di rumah, di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maupun di masyarakat.

“Membacakan buku untuk anak-anak dapat mempererat hubungan sosial emosional antara anak dengan orang tua,” kata pelaksana harian (Plh) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Magelang, Kunadi di sela kegiatan semarak anak PAUD, sekaligus pencanangan Gernas Baku di Alun-alun Kota Magelang, kemarin.

Pencanangan Gernas Baku sendiri dilakukan oleh Bunda PAUD Kota Magelang, Yetti Biakti Sigit Widyonindito didampingi Ketua GOPTKI Kota Magelang, Demetrya Tety Sugiharto. Komitmen menyuntik minat baca buku sejak dini juga ditunjukkan dalam aksi penandatanganan spanduk. Juga dimeriahkan senam Gernas Baku, lomba drumband, dan parade batik anak-anak TK se-Kota Magelang yang jumlahnya sekitar 1.340 anak.

Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Sulistyorini, kegiatan ini salah satu upaya untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan anak yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak-anak.  (put/lis)