Batang Siap Menuju Smart City

709
KERJASAMA : Bupati Batang Wihaji (tengah) bersama beberapa Kepala Daerah setelah melakukan pendatangan bersama tentang Smart City, di  Hotel Redtop Jakarta, Selasa (8/5). (Humas Batang for Jawa Pos Radar Semarang)
KERJASAMA : Bupati Batang Wihaji (tengah) bersama beberapa Kepala Daerah setelah melakukan pendatangan bersama tentang Smart City, di  Hotel Redtop Jakarta, Selasa (8/5). (Humas Batang for Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang menjadi salah satu bagian daerah yang akan menjadi smart city. Sebagai bentuk implementasi smart city, Bupati Batang Wihaji mengawalinya dengan menandatangani kerjasama sebagai salah satu 100 smart city kabupaten/kota se-Indonesia. Penandatanganan bertempat di hotel Redtop, Jakarta, Selasa (8/5).

“MoU sebagai wujud implementasi dari ikhtiar kami selaku Pemkab Batang dalam rangka mewujudkan smart city guna menuju kualitas pelayanan publik yang efektif, efisien dan sederhana, serta dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Termasuk  mendukung program tahun kunjungan wisata menuju surganya Asia,” katanya.

Melalui smart city masyarakat diharapkan bisa mendapatkan pelayanan informasi yang mudah. Wihaji berharap masyarakat bisa bersinergi satu sama lain untuk mewujudkan program smart city.

“Sudah hampir semua kalangan masyarakat kini telah memanfaatkan smartphone dan jaringan internet dalam aktifitas sehari-hari. Fenomena inilah yang harus kita manfaatkan  membangun masterplan data yang terintegrasi aplikasi,” ungkapnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Batang, Jamal Abdul Naser mengatakan, sebagai langkah awal Pemkab akan segera menyusun secara detail teknik-teknik yang perlu dikerjakan maupun menyiapkan infrastruktur smart city sampai dengan data penunjang  dari stakeholder yang nantinya akan terintegrasi.

Pihaknya juga akan menginventarisir dan literasi hal-hal yang ada di tengah masyarakat. Dengan begitu akan diketahui sejauh apa smart city menjadi kebutuhan yang bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya oleh masyarakat, sebagai bentuk pelayanan publik Pemkab Batang yang efektif, efisien dan sederhana.

“Segera kita akan inventaris dan kita data melalui literasi dari dinas-dinas terkait, termasuk pihak kepolisian dan lembaga maupun  masyarakat sebagi data pembuatan masterplan dan road map menuju smart city, yang dalam pembuatannya akan di dampingi oleh ITB,” tandasnya. (han/zal)