Pelayanan Medis Gratis Sambangi Margoyoso

261
RINGANKAN WARGA : Pelaksana program pelayanan medis saat melayani warga Margoyoso. (TAUFIQ RIKHOYADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
RINGANKAN WARGA : Pelaksana program pelayanan medis saat melayani warga Margoyoso. (TAUFIQ RIKHOYADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, PATI-Program CSR Pelayanan Medis dari Djarum Foundation mengunjungi wilayah Margoyoso, Pati, dan memberikan pemeriksaan kesehatan secara cuma-cuma bagi 589 peserta, Minggu (6/5) kemarin. Kegiatan yang dilaksanakan bersama Yayasan Bina Insan Negeri (YBIN) dan Yayasan Al Zahra Hajain ini, bertempat di SMK Cordova.

Kegiatan melibatkan tak kurang 10 orang tenaga medis puskesmas setempat. Ketua Umum Yayasan Al Zahra Hajain, KH Hamdani MH, mengatakan, pelayanan medis ini sangat membantu siswa-siswa Yayasan Al Zahra, dan utamanya masyarakat sekitarnya.

“Kesehatan tonggak utama dalam menjalankan ibadah bagi umat Muslim. Seumpamanya bila pinggang sakit, tentunya dalam melakukan ibadah salat akan kesulitan. Maka, pemeriksaan kesehatan ini juga sarana ikhtiar, untuk beribadah. Menjaga kesehatan itu kewajiban, salah satunya dengan cara pemeriksaan kesehatan dan jangan lupa berolahraga,” paparnya mengawali kegiatan.

Menurut Perwakilan Djarum Foundation, Arvi Oktaviendra, aktivitas yang dilayani meliputi konsultasi, pemeriksaan kesehatan maupun pemberian obat. Ditujukan tidak hanya yang merasa sakit saja, tetapi bagi yang sehat bisa mengecek atau memeriksakan kondisinya. “Semuanya gratis, membantu masyarakat yang membutuhkan. Selain Bakti Sosial, kami memiliki CSR Bakti Pendidikan, Lingkungan, Budaya dan Olahraga. Semua kami laksanakan secara rutin dan berkesinambungan,” ungkapnya.

Ketua YBIN, dr Mada Gautama menambahkan, rendahnya tingkat kesehatan masyarakat, khususnya daerah pinggiran dan pelosok, tergerak untuk membantu semaksimal mungkin. “Selain Pati, Pelayanan Medis juga hadir di wilayah lain. Bila peserta yang diperiksa punya penyakit berat atau kronis, kami langsung memberikan rujukan ke rumah sakit terdekat,” jelasnya. (fiq/ida)