PDI Perjuangan Tak Persoalkan Patroli Polisi

271

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG  – Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tidak mempermasalahkan patroli yang dilakukan kepolisian di kantor mereka. Termasuk jika petugas yang datang bersenjata lengkap.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan sebagai warga negara yang baik pihaknya mengikuti aturan negara, pun  jika ada patroli ke kantor Partai politik (Parpol).

”Kalau memang keputusan pemerintah dan aturan pemerintah apapun ya harus kita ikuti, termasuk misalnya ada patroli di kantor partai kita, ya nggak papa, silahkan saja,” kata Hendi, sapaan akrabnya saat berada di Polrestabes Semarang, Senin (7/5) kemarin.

Menurutnya selama patroli tidak untuk menyudutkan partai politik dan dilakukan di semua kantor Parpol, itu tidak jadi masalah.”Yang penting kita ada kepercayaan masing-masing. Kalau semua diperlakukan seperti itu kita nyaman aja,” tandasnya.

Sementara itu Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji mengatakan patroli dalam rangka operasi Mantap Praja Candi digelar juga di kantor-kantor KPU, Panwaslu, dan semua yang berhubungan dengan Pilkada termasuk kantor Parpol. ”Tujuanya supaya aman, paling datang menanyakan situasi, nggak akan lama,”  kata Abi.

Diberitakan sebelumnya, Partai Gerindra keberatan dengan datangnya Brimob bersenjata ke kantor mereka di DPD Jateng dan DPC Kota Semarang. Sedangkan menurut kepolisian, SOP sudah sesuai termasuk SOP Brimob yang membawa senjata dan dilakukan tidak hanya di kantor Gerindra.

Patroli ini, lanjut Abi, dilakukan menjelang Pilkada. Terkait senjata, Kapolrestabes menegaskan, tidak hanya Brimob, anggota dari kesatuan lain pun saat berpatroli juga membawa senjata.

”Yang dipertanyakan kan soal Brimob bersenjata, itu Brimob harus bersenjata. SOP Brimob memang seperti itu, kenapa tidak ditanya isinya (senjata) sekalian? Tidak usah anggota Brimob, tim elang kalau patroli juga bawa senjata,” jelas Abi. (sga/zal)