ILUSTRASI: JAWAPOS.COM
ILUSTRASI: JAWAPOS.COM

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG—Sebanyak 33 siswa kelas XII SMA/SMK/MA di Kota Magelang belum bisa bernafas lega meski hasil ujian nasional berbasis komputer (UNBK) sudah diumumkan, Kamis (3/5) lalu. Sebab, nilai UNBK yang mereka peroleh belum lengkap. Nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia masih kosong.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) se-eks Karesidenan Kedu Sucahyo Wibowo, mengatakan, pihaknya belum menerima susulan hasil UNBK yang sebelumnya dinyatakan kosong. “Belum mas. Sampai saat ini (kemarin, red) kami belum menerima hasil susulan dari empat sekolah yang kosong nilainya untuk mapel Bahasa Indonesia,” kata Sucahyo, Senin (7/5).

Sucahyo merinci, siswa yang nilai UNBK belum lengkap tersebut tersebar di 4 sekolah. Yakni 10 siswa IPA di SMAN 3 Kota Magelang, 16 siswa IPA di SMAN 4 Kota Magelang, 6 siswa IPA di MAN Kota Magelang dan 1 siswa IPS di MA Al Iman Kota Magelang. “Semua persyaratan dan upaya sudah kami teruskan ke Diknas Provinsi Jateng. Bahkan lampiran jawaban siswa yang bersangkutan juga sudah kami serahkan pula. Belum tuntasnya masalah ini, menyulitkan untuk mengetahui perangkingan peringkat sekolah dalam hasil UNBK se-Jawa Tengah,” beber Sucahyo.

Hal yang berbeda disampaikan Kepala Tata Usaha sekaligus Sekretaris Balai Pengendalian Pendidikan Menengah dan Khsusus (BP2MK) Wilayah IV Jawa Tengah, Prihestu Hartomo. Prihestu menuturkan, nilai tersebut sudah bisa diketahui. “Sudah keluar kok mas. Coba nanti saya kroscek dengan MKKS Kota Magelang dan MKKS Kabupaten Magelang,” tandas Prihestu.

Seperti diberitakan sebelumnya, di Provinsi Jawa Tengah ada sekitar 1.617 siswa yang belum mendapatkan hasil UNBK lengkap pada saat pengumuman Kamis (3/5) lalu. Tercatat ada 716 siswa SMK yang salah satu nilainya belum muncul, 596 siswa SMA yang salah satu nilainya masih kosong dan 305 siswa yang nilai keempat mata pelajaran kosong sama sekali. (had/ton)