Bupati Magelang Kembali Raih Top Pembina BUMD

260
TOP PEMBINA BUMD : Wakil Deputi Komisioner Pengawas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI, Roberto Akyuwen menyerahkan penghargaan kepada Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto MSi di Rafflesia Grand Ballroom, Balai Kartini, Jakarta, Kamis (3/5). (Humas Kabupaten Magelang)
TOP PEMBINA BUMD : Wakil Deputi Komisioner Pengawas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI, Roberto Akyuwen menyerahkan penghargaan kepada Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto MSi di Rafflesia Grand Ballroom, Balai Kartini, Jakarta, Kamis (3/5). (Humas Kabupaten Magelang)
TERBAIK : Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto MSi, bersama Dirut PD Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang Fran Suharmaji MM dan Direksi Bank Bapas 69. (Humas Kabupaten Magelang)
TERBAIK : Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto MSi, bersama Dirut PD Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang Fran Suharmaji MM dan Direksi Bank Bapas 69. (Humas Kabupaten Magelang)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang kembali meraih prestasi nasional. Kali ini Bupati Magelang menerima penghargaan sebagai Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tahun 2018. Penghargaan diberikan karena bupati berhasil membina BUMD di Kabupaten Magelang.

RADARSEMARANG.COM – PENGHARGAAN kepada gubernur diberikan oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo. Untuk bupati/wali kota diserahkan oleh Wakil Deputi Komisioner Pengawas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI, Roberto Akyuwen kepada Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto MSi di Rafflesia Grand Ballroom, Balai Kartini, Jakarta, Kamis (3/5).

Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto menjelaskan, penghargaan ini diberikan kepada Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP selaku kepala daerah, yang saat ini sedang cuti karena maju pilkada 2018, karena BUMDnya meraih penghargaan terbaik.Penghargaan diterima karena peran bupati dalam membina BUMD.“Ini penghargaan yang kesekian kalinya untuk Kabupaten Magelang,“ katanya.

PD BPR Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang meraih 4 award di tahun 2018 ini. Antara lain sebagai Top Pembina BUMD (Bupati Magelang), Top BUMD, Top BPR, serta Best CEO BUMD (Fran Suharmaji MM)

“Dan 1 award untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Gemilang meraih penghargaan kategori Top PDAM bidang kontribusi ke desa dalam konservasi sumber daya air,” jelasnya.

Dirinya menyebutkan, penghargaan ini diberikan kepada pembina atau BUMD yang terbaik di setiap wilayah. Untuk Kabupaten Magelang menjadi yang terbaik sehingga diberikan penghargaan Top BUMD 2018 ini.

Dari 500-an lebih kepala daerah yang ada. Sebanyak 100 kepala daerah diberikan penghargaan sebagai pembina terbaik BUMD. “Untuk Kabupaten Magelang, bapak bupati yang mendapatkan penghargaan tersebut,” ujar Tavip.

Penghargaan Top BUMD ini sebagai pemacu bagaimana BUMD yang ada di Kabupaten Magelang bisa memberikan manfaat dan kontribusi terhadap masyarakat luas.

Selain memberikan pelayanan kepada masyarakat, BUMD juga diharapkan bisa berkontribusi untuk pendapatan daerah. Penghargaan yang diterima diharapkan bisa memacu BUMD lainnya untuk lebih berkontribusi.

Ketua dewan juri Top BUMD 2018, Prof Dr Laode M Kamaluddin MSc. MEng mengatakan ada banyak hal yang menarik selama proses penilaian dan penjurian Top BUMD ini.

“Kami merasa turut berbangga, karena ada beberapa BPR yang telah menjalankan tugas yang mulia dengan cara melakukan pemberantasan rentenir secara konsisten,”tandasnya.

Seperti diketahui, banyak masyarakat ekonomi kelas bawah, yang terjebak dalam jeratan renternir. Sulit bagi pedagang pasar atau UMKM, atau keluarga ekonomi kurang mampu, untuk naik kelas tingkat kesejahteraannya, jika mereka terjebak dalam jeratan utang renternir. Sementara bunganya puluhan hingga ratusan persen.

Kehadiran BPR dalam pemberantasan rentenir, harus didukung dan diapresiasi. Karena itu adalah salah satu upaya nyata untuk mendorong masyarakat bawah menjadi naik kelas. Tidak terjebak dalam jeratan kemiskinan yang berkelanjutan.

Di samping itu, ada pemberian penghargaan terhadap sejumlah chief executive officer (CEO) BUMD, berdasarkan sejumlah kriteria. Antara lain berdasarkan kelompok bisnis, karakter dan soft competency, serta penghargaan berdasarkan kategori khusus.

Yang sangat menarik, sejumlah nama besar kepala daerah pun mendapat penghargaan karena peran yang baik sebagai pembina BUMD. “Kepala daerah merupakan pembina dan pemegang saham. Maka ikut berperan dalam keberhasilan yang didapatkan oleh BUMD,” kata Laode.

Penghargaan Top BUMD rutin diselenggarakan setiap tahun oleh majalah Bussiness News dan Asia Bussiness Research Center. Top BUMD merupakan satu-satunya kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD) yang terbesar dan paling komprehensif di Indonesia.

Kegiatan Top BUMD 2018 dilakukan untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah pusat serta pemerintah daerah guna mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah. (adv)