Targetkan 7 Ribu Jurnal Terakreditasi

224
Ilustrasi: ristekdikti.go.id
Ilustrasi: ristekdikti.go.id

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) berusaha menggenjot dosen di Indonesia agar terus melakukan penelitian dan menghasilkan jurnal ilmiah. Bahkan dua tahun ke depan ditargetkan sedikitnya ada 7 ribu jurnal terakreditasi secara nasional.

Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti RI Dr Muhammad Dimyati, mengatakan ada sekitar 25 ribu jurnal ilmiah yang terbit dan sudah berbentuk elektronik. Namun, yang terakreditasi baru sekitar 333 jurnal ilmiah dan ada sekitar 197 jurnal yang ada di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Permenristek Dikti Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Nasional, akan diterapkan secara resmi pada 1 Juni 2018 mendatang. Di jeda waktu ini, pihaknya menyosialisasikan terhadap peraturan tersebut ke seluruh wilayah di Indonesia termasuk Jawa Tengah. “Jadi prosesnya berupa akreditasi, penilaian dan penetapannya akan dilakukan sekitar 2 bulan. Selain itu, akan ada pemeringkatan akreditasi jurnal yang dibagi 6 jenis,” ucapnya. (den/ida)