NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG
NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG

RADARSEMARANG.COM – DPRD Jateng mendesak agar rencana pembangunan jalan tembus Srondol Kulon Banyumanik-Sekaran Gunungpati segera direalisasikan. Sebab, jalur tersebut sudah direncanakan sejak bertahun-tahun. Dewan menyakini jika terealisasi, akan mendongkrak perekonomian masyarakat  sekitar dan menggeliatkan potensi di Kota Semarang.

“Saya kira, harus dipercepat realisasinya jalur penghubung itu. Ini sudah mendesak dan dibutuhkan masyarakat, terutama di dua kecamatan tersebut” kata Anggota Komisi D DPRD Jateng, Muhammad Ngainirrichad, kemarin.

Ia menambahkan, kawasan Gunungpati menyimpan potensi wisata dan ekonomi besar. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir maju pesat. Kondisi tersebut, harus diimbangi dengan akses dan infrastruktur yang bagus agar berbagai potensi yang ada bisa maksimal. “Jika akses sulit, potensinya sulit terangkat. Makanya harus ada inovasi untuk terus berkembang,” ujarnya.

Rencananya, jalan tembus akan dibangun sepanjang 4-5 km dengan anggaran fisik pembuatan jalan berasal dari pemerintah pusat sekitar Rp 100 miliar. Selain itu akan dibangun jembatan Sungai Kaligarang yang melintasi kawasan tersebut.

“Pemkot harus segera menyelesaikan pembebasan lahan, karena itu yang urgen. Saya kira untuk fasilitas umum warga setuju, asalkan jangan ada yang dirugikan,” katanya.

Politisi PPP ini meminta agar koordinasi pemerintah pusat, pemprov dan daerah lebih ditingkatkan. Harapannya, agar ke depan berbagai proyek yang digagas di daerah bisa lebih cepat dan tidak ada masalah pembebasan lahan. “Selama ini koordinasi kurang cepat, ke depan harus ditingkatkan. Agar tak ada proyek pembangunan yang molor,” tambahnya. (fth/aro)