Belajar Asyik dengan Edmodo

245
Oleh: Siti Muyasaroh
Oleh: Siti Muyasaroh

RADARSEMARANG.COM – MEDIA sosial dan media digital merupakan bagian yang menyatu dalam kehidupan kita sehari-hari saat ini. Bahkan apabila kita tidak menggunakan media sosial sehari saja seperti sayur yang kurang garam. Penggunaan media sosial saat ini sudah merupakan hal yang umum dan menjadi gaya hidup atau life style bagi banyak orang, khususnya anak muda.

Sejalan dengan maraknya penggunaan media sosial ada sisi negatif dan positif  dari media sosial tersebut. Sisi positif dari media sosial adalah informasi yang disampaikan cepat dan mudah tersebar di seluruh dunia. Sisi negatifnya media sosial sering kali mengganggu proses pembelajaran bahkan bisa menjadikan kepribadian introvert bagi peserta didik.

Media sosial ini dapat dijadikan sebagai media dalam pembelajaran di sekolah khususnya pola pembelajaran online/e-learning menjadi alternatif yang dapat diterapkan oleh guru. Apabila media sosial ini dirancang dengan menarik, maka pembelajaran dapat meningkatkan interaksi antara peserta didik dengan peserta didik, peserta didik dengan guru, antar sesama guru, dan guru dengan orang tua peserta didik. Berbeda dengan pembelajaran konvensional yang masih satu arah, adanya pembelajaran dengan media sosial ada timbal balik informasi atau bahan ajar antara guru dan peserta didik.

Salah satu media sosial yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran adalah Edmodo. Edmodo merupakan jejaring sosial pendidikan yang diciptakan oleh Nic Borg. Edmodo adalah platform media sosial yang sering digambarkan sebagai Facebook untuk sekolah dan dapat berfungsi lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan. Edmodo merupakan aplikasi yang menarik bagi guru dan peserta didik dengan elemen sosial yang menyerupai Facebook. Tetapi sesungguhnya ada nilai lebih besar dalam aplikasi edukasi berbasis jejaring sosial ini. Edmodo (dirancang oleh pendidik) yang juga berbasis cloud,  kolaborasi yang cukup aman digunakan oleh guru dan peserta didik. Edmodo merupakan fitur terbaik dan praktis menghilangkan kecemasan kita terhadap aktivitas yang biasanya peserta didik  lakukan dengan internet khususnya Facebook.

Edmodo digunakan sebagai tempat guru dan peserta didik  dapat saling berdiskusi dan berbagi materi-materi pelajaran dalam bentuk digital serta membantu dalam proses pembelajaran dari jarak jauh tanpa harus bertatap muka. Bahkan Edmodo ini sangat membantu pembelajaran pada saat peserta didik yang melakukan praktik kerja lapangan (PKL) bagi peserta didik di tingkat SMK.

Edmodo mempunyai tampilan yang menarik dan mudah digunakan oleh peserta didik dan guru. Fitur-fitur yang terdapat di dalam Edmodo antara lain. Pertama,  Assignment. Assignment digunakan oleh guru untuk memberikan penugasan kepada peserta didik secara online. Fitur ini dilengkapi dengan waktu deadline dan fitur attach file sehingga peserta didik dapat mengirimkan tugas dalam bentuk file secara langsung kepada guru. Guru dapat secara langsung memberikan penilaian terhadap hasil tugas yang telah dikerjakan peserta didik.

Kedua, File and links. Adanya fitur ini guru dan peserta didik dapat mengirim pesan dengan melampirkan file dan link pada grup kelas, peserta didik, atau guru lainnya. Ketiga, Quiz. Quiz digunakan untuk memberikan evaluasi secara online baik berupa pilihan ganda, isian singkat, maupun soal uraian.  Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan peserta didik hanya mengerjakannya saja.

Keempat, Polling. Polling hanya dapat dibuat oleh guru untuk dibagikan kepada peserta didik. Biasanya guru menggunakan polling untuk mengetahui tanggapan peserta didik mengenai hal tertentu yang berkenaan dengan pelajaran. Kelima, Gradebook. Fitur gradebook digunakan untuk sebagai catatan nilai peserta didik. Pemberian nilai dapat dilakukan oleh guru dan dapat diisi secara manual atau secara otomatis. Keenam, Library. Fitur ini digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai sumber pembelajaran dengan konten yang beragam. Dengan fitur library, guru dapat meng-upload bahan ajar, materi, presentasi, sumber referensi, gambar, video, audio dan konten digital lainnya. Link dan file yang terdapat di library dapat dibagikan baik kepada peserta didik maupun group. Ketujuh, Award badges. Fitur ini digunakan untuk memberikan suatu penghargaan baik kepada peserta didik maupun kelompok. Kedelapan, Parent codes. Fitur ini berfungsi memberi kesempatan kepada orangtua/wali masing-masing peserta didik dapat bergabung memantau aktivitas belajar dan prestasi putra-putrinya.

Edmodo mempunyai berbagai manfaat antara lain peserta didik  bisa berinteraksi dalam pantauan gurunya (bebas cyber crime dan cyber bullying). Guru dapat memulai pertanyaan, mengunggah foto atau video, mengunggah presentasi bahan ajar, untuk diberikan kepada peserta didiknya, peserta didik dapat mengulang materi yang diberikan gurunya kapanpun, bahkan tugas sekolah dapat diberikan melalui Edmodo.

Guru bisa mengunggah nilai dari pekerjaan peserta didik sebagai acuan bagi peserta didik dalam belajar. Peserta didik dapat bekerjasama dalam satu kelompok. Peserta didik dapat mengespresikan pendapatnya lewat tulisan dan guru dapat mengajarkan tata krama yang berlaku di dunia maya. Banyak sekali kelebihan dan manfaat Edmodo, mari belajar asyik dengan Edmodo. (tj3/2/aro)

Guru SMK Negeri 2 Sukoharjo