ANTUSIAS : Sekretaris KJG, Totok Yulianto saat mengajar dalam program BUMN Mengajar di SMAN 14 Semarang, Jumat (4/5). (AFIATI TSALITSATI / JAWA POS RADAR SEMARANG)
ANTUSIAS : Sekretaris KJG, Totok Yulianto saat mengajar dalam program BUMN Mengajar di SMAN 14 Semarang, Jumat (4/5). (AFIATI TSALITSATI / JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Sejumlah siswa di SMAN 14 Semarang, berebut mengajukan pertanyaan kepada Sekretaris Perusahaan Kalimantan Jawa Gas (KJG) Totok Yulianto, saat mengajar dalam program BUMN Mengajar di SMAN 14 Semarang. Apalagi Totok juga menyiapkan hadiah bagi siswa yang berani bertanya tanpa harus ditunjuk.

“Kami selain mengajarkan apa itu BUMN, juga ingin memotivasi kalian. Tantangan ke depan akan terus berkembang. Kalau tidak diasah keberanian sejak dini, nanti akan sulit berprestasi,” tegas Totok.

Kegiatan tersebut merupakan Program BUMN Mengajar yang kembali digelar oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) bersamaan dengan Hari Pendidikan Nasional yang diperingati pada 2 Mei 2018 lalu. Ada 9 SMA dan SMK Negeri di sejumlah wilayah operasional PGN Group. Di Jawa Tengah, saat ini sedang berlangsung BUMN Mengajar di SMAN 14 Semarang.

Sedangkan Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama dalam siaran persnya, menyatakan bahwa BUMN Mengajar merupakan program tahunan CSR PGN Grup sejak tahun 2016. Tujuannya mensosialisasikan PGN Group kepada masyarakat, terutama siswa SMA. Program ini menjadi wadah bagi PGN Group untuk menunjukkan keberadaan dan memperkenalkan PGN beserta anak usahanya sekaligus memberikan manfaat optimal bagi para pelajar.

“Kegiatan temu perusahaan-pelajar ini menjadi ajang untuk memberikan motivasi kepada para pelajar dalam meraih cita-cita dan masa depan mereka,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMA N 14 Semarang, Sulastri dalam menyampaikan apresiasi tinggi terhadap PGN Group yang telah memilih sekolahnya menjadi tempat pelaksanaan kegiatan BUMN Mengajar. “Semoga ini memotivasi anak didik, sehingga lebih maju dan berprestasi,” tuturnya di hadapan ratusan siswanya.

Selain terpilih menjadi tempat pelaksanaan kegiatan, satuan pendidikan di Jalan Kokrosono tersebut menerima bantuan enam buah AC serta 4 buah LCD guna mendukung pengajaran di sekolah itu. “Ini sangat berguna dan membantu operasional kami di sekolah. Terimakasih dari KJG, mudah-mudahan bermanfaat bagi kami untuk menunjang pendidikan disini,” pungkasnya. (tsa/ida)